Hatchback KIA tak gentar digempur mobil LCGC



JAKARTA. Pasar mobil di segmen hatchback terbilang memiliki tantangan berat. Betapa tidak, belakangan banyak bermunculan kendaraan low cost green car (LCGC) yang kebanyakan mengusung konsep hatchback juga tetapi ada di kategori LCGC.

Walaupun punya tantangan berat, tak lantas membuat pasar mobil hatchback tergerus. Buktinya, KIA, produsen mobil Korea Selatan berhasil mencatatkan penjualan positif di segmen mobil hatchback. Di segmen ini, KIA memiliki jagoannya New Pride dan All New Rio.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan All New Rio Januari-April 2014 mencapai 1.251 unit, atau naik 13,3% dari periode yang sama tahun 2013 di angka 1.104 unit.


Direktur Marketing KMI, Hartanto Sukmono bilang, kenaikan penjualan terjadi karena KIA tengah melakukan promosi di segmen hatchback.

"Kami memang menawarkan promosi yang dimulai dari awal tahun dengan membagikan hadiah gratis bagi para konsumen. Salah satunya DVD player," ungkapnya kepada KONTAN, Jumat (23/5).

Ia juga menjelaskan, walaupun produk andalan KIA adalah KIA Picanto. Namun, produsen banyak yang menyukai All New Rio, karena dianggap menyuguhkan desain yang berbeda. "Mungkin faktor itu juga yang menjadikan penjualan kami naik," tambahnya.

Hartanto berharap, penjualan All New Rio tetap positif sampai akhir tahun. Agar pasar kian membesar, KIA akan mengeluarkan strategi pasar lainnya, yaitu menjaga harga setiap mobilnya tetap bersaing. "Harga 'Rio' bisa bersaing," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri