Hati-hati Meletakkan Mesin Cuci, Salah Posisi Bisa Rusak



MOMSMONEY.ID -  Anda perlu hati-hati meletakan mesin cuci agar tidak gampang rusak.

Apakah Anda  memiliki hunian dengan ruang khusus untuk mencuci baju. Jika tidak ada, apakah meletakan mesin cuci di gudang adalah tempat yang tepat? 

Ternyata tak bisa sembarangan meletakan mesin cuci di rumah. Peralatan yang cukup besar untuk mencuci baju ini ternyata mudah rusak jika disimpan di area yang lembap dan dingin.

Lalu di mana lokasi yang tepat untuk meletakkan mesin cuci?

Jika Anda tak memiliki ruang khusus untuk mencuci, meletakan mesin cuci di garasi atau gudang adalah tempat yang paling logis. Namun sering kali ruangan ini adalah ruangan yang cukup lembap dan dingin di rumah kita.

Kondisi ruangan semacam ini secara perlahan bisa merusak komponen di dalam mesin cuci, mesin cuci dan lantai jadi berkarat serta mendorong berkembangnya jamur pada segel dan tabung.

“Meletakan mesin cuci di ruangan tersebut juga bisa membuat perawatan dan perbaikan mesin jadi lebih sulit karena area ini seringkali sulit diakses dibandingkan area lain di rumah,” ungkap  Ahli Peralatan Rumah Tangga Jeniffer Smith, melansir Homes and Gardens

Baca Juga: Cocok Buat Healing, 5 Rekomendasi Drakor Ini Berlatar di Pedesaan

Lalu di mana area yang tepat untuk meletakan mesin cuci di rumah?

Menurut Jeniffer, lokasi yang tepat untuk meletakan mesin cuci di rumah adalah ruangan yang kering dan memiliki suhu ruangan yang dapat dikontrol di rumah untuk menjaga kondisi mesin cuci supaya lebih awet. 

Sebab di ruangan yang dingin dan lembap juga biasanya menjadi lokasi untuk hama tinggal. Hal yang ditakutkan saat meletakan mesin cuci di ruangan ini adalah hama tersebut menggigit kabel atau pipa pada mesin cuci sehingga mudah rusak. 

Lokasi yang ideal untuk meletakan mesin cuci di rumah adalah ruangan khusus untuk mencuci baju yang dilengkapi penghangat ruangan. Namun jika tak memiliki ruangan ini, Anda bisa meletakan mesin cuci di dapur atau dekat kamar mandi. 

Baca Juga: Sederet Manfaat Minyak Kelapa, Menjaga Gula Darah hingga Kesehatan Jantung

Dapur atau area di dekat kamar mandi biasanya sudah memiliki penyambung air dan ventilasi yang Anda butuhkan. Sehingga Anda bisa memastikan ruangan ini mudah untuk memberikan akses air pada mesin cuci, dan suhu ruangan cukup kering untuk menghindari adanya bakteri dan jamur di mesin cuci. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta