MOMSMONEY.ID - Belum banyak yang memahami soal kedok penipuan online, Shopee meluncurkan fitur cek fakta. Shopee memaparkan hasil survei Shopee Insights yang menggambarkan kebiasaan masyarakat Indonesia saat bertransaksi online. Dari hasil temuan tersebut tercatat bahwa hanya sekitar 54% responden memahami tentang kedok penipuan online, sementara itu, 21% dari responden telah menjadi sasaran penipuan online.
Di antara responden survei tersebut, 28% pernah mengalami kasus penipuan dari informasi yang mengatasnamakan platform e-commerce. Kemudian 56% terjadi di aplikasi chat seperti WhatsApp dan Telegram di mana jenis penipuan didominasi dengan undian palsu (55%) dan voucher belanja online palsu (37%). Berkaca pada hasil ini, Shopee pun meluncurkan fitur untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengecek kebenaran informasi yang mereka terima melalui Cek Fakta.
Baca Juga: Ajak Nasabah Terapkan Gaya Hidup Cyber-Secure, Ini Tips dari BNI Sekuritas Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih pilihan topik dan informasi yang ingin dikonfirmasi sehingga pengguna bisa memastikan apakah informasi tersebut merupakan fakta atau penipuan. Jika pengguna masih ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, Cek Fakta akan menghubungkan mereka dengan tim Layanan Pelanggan Shopee melalui live chat, dan diharapkan dapat mengurangi peredaran hoaks yang mengatasnamakan Shopee. Melalui berbagai channel media sosial, Shopee mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan selalu menerapkan 3C jika mendapatkan pesan yang mengatasnamakan Shopee: Pertama, Cek Pengirimnya. Artinya semua informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsApp Shopee bercentang biru dan media sosial resmi Shopee yang sudah terverifikasi.
Baca Juga: Muncul Modus Baru Bisa Retas Data Nasabah, Ini 4 Modus Penipuan Perbankan Kedua, Chat Customer Service Shopee. Jika konusmen membutuhkan kepastian atas informasi mencurigakan, pengguna bisa menggunakan fitur Cek Fakta di aplikasi Shopee.
Ketiga, Cari Tau Modusnya. Perlu diketahui modus penipuan terus berubah sehingga pengguna bisa mengikuti akun @shopeecare_id di Instagram agar selalu update tentang penipuan berkedok Shopee. Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, butuh kerja sama dari berbagai pihak untuk dapat memberantas informasi hoaks dan menekan angka korban penipuan. "Kami harap dengan adanya sinergi ini, Shopee bisa semakin menciptakan layanan yang #XtraAman bagi pengguna kami dan semakin banyak masyarakat lebih teredukasi agar dapat terhindar dari percobaan penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Monica. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Francisca bertha