Hatta mundur, kebijakan ekonomi jalan terus



JAKARTA. Kondisi ekonomi nasional belum benar-benar stabil. Salah satu indikatornya adalah pertumbuhan ekonomi yang bergerak lambat cukup tajam di kuartal pertama tahun 2014.

Namun, ditengah pekerjaan rumah untuk kembali menstabilkan ekonomi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa memilih mundur dari jabatannya untuk maju di Pilpres 2014. Hal ini diperkirakan akan berpengaruh terhadap keberlangsungan kebijakan ekonomi yang akan dibuat. Meski begitu, pemerintah menepis anggapan tersebut. Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah mengatakan, kebijakan ekonomi dibuat dan dilaksanakan bukan oleh satu-dua orang, tetapi oleh tim ekonomi.

Dengan demikian, meski Hatta mengundurkan diri, pemerintah masih bisa melanjutkan kebijakan ekonomi yang bakal dikeluarkan. Termasuk, rencana diajukannya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2014.


"Kebijakan ekonomi tetap berjalan, APBN-P juga akan diselesaikan tepat waktu," ujar Firmanzah, Selasa (13/5). Beberapa kebijakan lain yang belum keluar, misalnya, soal relaksasi bea keluar minerba dan kebijakan pemberian insentiv bagi dana repatriasi, yang akan diinvestasikan kembali di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan