Hentikan Produksi, Daihatsu Motor Beri Kompensasi ke Pemasok



KONTAN.CO.ID - TOKYO. Unit bisnis Toyota Motor, Daihatsu Motor, akan memberikan kompensasi kepada 423 pemasok dalam negeri yang mempunyai hubungan bisnis langsung dengan Daihatsu karena pabriknya di Jepang masih menganggur gara-gara kasus skandal uji keselamatan.

"Daihatsu telah menghentikan produksinya di Jepang hingga akhir bulan depan, kata juru bicara Daihatsu seperti dikutip Reuters, Senin (25/12).

Ia bilang, Daihatsu akan mempertimbangkan untuk memberikan kompensasi kepada pemasok berdasarkan volume bisnis masa lalu dan menilai dampak penghentian tersebut terhadap jaringan pemasoknya yang luas.


Baca Juga: Tren Ekspor Daihatsu dan Toyota Indonesia di Tengah Isu Skandal Uji Keselamatan

Daihatsu menghentikan pengiriman semua kendaraannya setelah penyelidikan keselamatan menemukan masalah yang melibatkan 64 model, termasuk hampir dua lusin model yang dijual dengan merek Toyota.

Daihatsu akan bekerja sama dengan pemasok utamanya untuk mengatasi dampak skandal tersebut dan juga dapat membantu subkontraktor kecil yang tidak menerima kompensasi untuk mengakses dana dukungan dari kementerian perindustrian, tambah juru bicara tersebut.

Operasi Daihatsu di luar negeri sangat fokus di Asia Tenggara. Perusahaan ini telah melanjutkan produksi mobil merek Perodua di dua pabrik patungan yang dioperasikannya dengan produsen mobil Malaysia Perodua setelah mendapatkan izin.

Daihatsu yang dimiliki sepenuhnya oleh Toyota ini pekan lalu mengatakan telah melanjutkan pengiriman pada hari Jumat dari anak perusahaannya di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor.

Editor: Khomarul Hidayat