Hilirisasi Jadi Andalan Prabowo-Gibran Dongkrak Ekonomi Domestik



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program hilirisasi akan menjadi andalan pasangan calon (Paslon) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dalam negeri. 

Diketahui, Paslon nomor urut 02 ini mengantongi suara terbanyak dalam Pilpres 2024 versi quick count dari berbagai lembaga survei. Prabowo-Gibran juga diprediksi menang satu putaran jika mengacu hasil quick count yang menunjukan suara mereka unggul lebih dari 50%. 

Wakil Komandan Tim Fanta TKN Prabowo-Gibran Anggawira menyebut, ke depan program hilirisasi akan diperluas bukan hanya disektor pertambangan saja melaikan di berbagai sektor termasuk pertanian. 


"Hiliriasi akan diperluas sektornya bukan hanya dipertambangan tapi di industri agro, jadi hal hal yang kita harapkan untuk ekonomi bisa terakselerasi," kata Anggawira pada Kontan.co.id, Kamis (15/2). 

Baca Juga: Begini Prediksi Respons Pasar Atas Hasil Quick Count Pemilu 2024

Anggawira mengakui, penciptaan lapangan kerja menjadi pekerjaan rumah bagi Prabowo-Gibran. Terlebih, adanya digitalisasi banyak sektor yang akhirnya menimbulkan pengangguran. 

"Istilahnya pergeseran kebutuhan tenaga kerja. Makanya perlu suatu skenairo agar bisa tumbuh industrialiasi yang masif dan menciptakan lapangan kerja, salah satunya dengan hilirisasi," imbuh Anggawira. 

Selain itu, Prabowo-Gibran juga mendorong perokonomian berbasis pedesaan dalam mengatasi ketimpangan ekonomi desa dan kota. 

Salah satu programnya optimalisasi dan monitoring penggunaan dana desa untuk hal yang produktif. 

"Kalau ini dilakukan harusnya ketimpangan ini bias kita dorong agar lebih menyempit," jelas Anggawira. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat