Hindari 10 Buah Ini Jika Menderita Diabetes, Cek Daftarnya Berikut!



MOMSMONEY.ID - Apa saja jenis buah yang perlu dihindari penderita diabetes, ya? Ini dia daftarnya!

Bagi penderita diabetes, penting untuk mengatur asupan karbohidrat dan gula dalam makanan sehari-hari, termasuk dari buah-buahan.

Meskipun buah-buahan umumnya sehat dan kaya nutrisi, tidak semua buah aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena ada yang mengandung gula tinggi.


Menyadur dari laman Hello Sehat, berikut adalah beberapa jenis buah yang perlu dihindari penderita diabetes:

1. Buah Kering

Buah kering, terutama yang ditambahkan gula, harus sangat dibatasi. Porsinya disarankan hanya sekitar 30 gram atau setara dengan satu sendok makan.

Baca Juga: 10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Jika Memiliki Masalah Asam Lambung

2. Mangga

Mangga dikenal memiliki kandungan gula yang tinggi. Dalam 100 gram mangga terdapat sekitar 15 gram karbohidrat dan 13,7 gram gula, sehingga buah ini kurang cocok untuk penderita diabetes.

3. Apel

Apel memang sehat, namun mengandung 14,8 gram karbohidrat dan 12,2 gram gula per 100 gram, yang membuatnya perlu dibatasi konsumsinya oleh penderita diabetes.

4. Pisang

Pisang, terutama yang sudah matang, mengandung karbohidrat yang tinggi, yaitu sekitar 23 gram per buah. Penderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi pisang hingga setengah buah per porsi.

5. Semangka

Semangka memiliki Indeks Glikemik (IG) yang cukup tinggi, yaitu 72 per 100 gram. Oleh karena itu, sebaiknya penderita diabetes membatasi konsumsinya hanya satu atau dua potong ukuran sedang.

6. Nanas

Nanas juga mengandung glukosa yang tinggi, sekitar 10 gram per 100 gram buah. Penderita diabetes disarankan untuk hanya mengonsumsi satu atau dua potong kecil dalam sekali makan.

Baca Juga: Bisakah Jalan Kaki Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh? Bongkar Faktanya di Sini

7. Pir

Menurut U.S. Department of Agriculture, pir mengandung 15,1 gram karbohidrat dan 9,69 gram gula per 100 gram. Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, sebaiknya konsumsi pir tidak lebih dari setengah buah ukuran sedang per kali makan.

8. Anggur

Anggur memiliki kandungan karbohidrat sebesar 18,1 gram dan 15,5 gram gula per 100 gram. Buah ini harus dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah sangat terbatas oleh penderita diabetes.

9. Ceri

Ceri juga termasuk buah yang tinggi karbohidrat dan gula, dengan 16 gram karbohidrat dan 12,8 gram gula per 100 gram. Penderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi ceri untuk menjaga kadar gula darah yang sehat.

10. Buah Tin

Buah tin atau figs mengandung 19,18 gram karbohidrat dan 16,26 gram gula per 100 gram. Karena tingginya kandungan gula, buah ini sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Baca Juga: 14 Cara Menetralkan Gula Darah dalam Tubuh secara Alami, Terbukti Efektif

Itulah beberapa jenis buah yang perlu dihindari penderita diabetes. Sebenarnya, beberapa buah di atas masih dapat dikonsumsi dalam jumlah kecil, asalkan porsi dikontrol dan tidak berlebihan.

Namun, untuk mengurangi risiko lonjakan gula darah, penderita diabetes sebaiknya menghindari buah-buahan ini atau mengonsumsinya dengan hati-hati. Semoga informasi ini bermanfaat!

Selanjutnya: Nilai Tukar Petani (NTP) Naik 0,38% Jadi 120,30 pada September 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas