Hindari kecelakaan, Kemhub cek angkutan Lebaran



JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan memeriksa dan mengecek keamanan semua jenis angkutan yang digunakan untuk Lebaran. 

Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan mengatakan, pengecekan tersebut akan dilakukan terhadap seluruh kendaraan.

Langkah ini dilakukan agar kasus kecelakaan yang terjadi pada musim arus mudik atau balik Lebaran tidak terjadi lagi tahun ini. 


Menurut Jonan, pada musim Lebaran tahun ini, pemerintah menargetkan zero accident.

Mantan bos PT KAI (Persero) itu pun menegaskan, target zero accident berlaku bagi semua moda angkutan, darat, laut, dan udara.

Jonan mengatakan, untuk mencapai target tersebut, persiapan yang dilakukan adalah dengan melarang pemeriksaan kelaikan angkutan secara sampling.

"Tahun lalu hanya sampling. Tahun ini saya tidak mau, saya minta semua dicek semua," kata Jonan di Komplek Istana Negara, Senin (6/6).

Jonan mengatakan, pengecekan sudah mulai dijalankan sejak pekan lalu.

Untuk angkutan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang menjadi kewajiban langsung Kementerian Perhubungan, harus dilakukan ramp check satu per satu.

Jonan menambahkan, saat ini jumlahnya ada 1.400 unit. Karena itu, Jonan meminta Dinas Perhubungan di daerah untuk memastikan kelaikan jalan bus yang akan beroperasi musim Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan