Hindari Sinar Matahari Hari Ini, Sinar UV Mulai Berbahaya Sejak Pukul 09.00



MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Jumat, 29 Desember 2023 meski telah memasuki musim hujan. 

Sinar UV berbahaya akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua. Mulai pukul 09.00 WIT, sinar UV berbahaya capai level sedang hingga tinggi. Kemudian level bahaya sinar UV bakal meningkat di Papua menjadi sangat tinggi hingga ekstrem sejak pukul 10.00 WIT hingga 12.00 WIT.

Baca Juga: Simak 4 Cara Memilih Sunscreen untuk Bayi, Lihat Bahan dan Tekstur


Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Jumat, 29 Desember 2023.

Indeks sinar UV pada pukul 09.00 WIB, 10.00 WITA, 11.00 WIT Sinar UV berbahaya ekstrem di wilayah perairan sekitar Papua. Sinar UV berbahaya sangat tinggi di wilayah Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Indeks sinar UV pada 10.00 WIB, 11.00 WITA, 12.00 WIT Sinar UV bahaya ekstrem meluas ke perairan Papua, perairan Sulawesi dan di wilayah Maluku dan Bali & Nusa Tenggara. Sinar UV bahaya sangat tinggi di pesisir Papua, seluruh Sulawesi, sebagian Kalimantan Utara dan Jawa Timur. Sinar UV berbahaya sedang di wilayah Jawa bagian Barat, Sumatera dn sebagian Kalimantan.

Indeks sinar UV pada 11.00 WIB, 12.00 WITA, 13.00 WIT Sinar UV bahaya ekstrem di wilayah Maluku, Bali dan Nusa Tenggara serta perairan sekitar Sulawesi. Seluruh perairan di Indonesia mengalami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi, termasuk di Jawa Timur dan sebagian Sumatera bagian Barat.  Kalimantan dan Papua alami indeks sinar UV berbahaya sedang. 

Indeks sinar UV pada 12.00 WIB, 13.00 WITA, 14.00 WIT Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi alami sinar UV berbahaya sedang hingga sangat tinggi. Khusus Bali dan Nusa Tenggara masih alami sinar UV berbahaya  sangat tinggi hingga ekstrem. 

Selanjutnya, Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi dan Maluku alami indeks sinar UV berbahaya sedang. Adapun di Papua sudah aman dari sinar UV berbahaya. Wilayah RI berangsur pulih pada pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Ini Biaya Penarikan Uang Tunai di Berbagai Negara Menurut Wise

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta