Hindari Warna Cat Kamar Anak Ini, Jika Tak Mau Buah Hati Cranky



MOMSMONEY.ID - Setiap orang tua pasti ingin menyediakan yang terbaik untuk anaknya, termasuk juga memilihkan warna cat untuk kamar anak. Jangan sampai salah pilih, ini warna cat kamar anak yang perlu Anda hindari!

Anda perlu tahu bahwa warna dapat mempengaruhi psikologi seseorang lho! Pasti Anda sering mengamati restoran fast food seperti KFC dan McD cenderung menggunakan warna merah dan kuning. Ternyata dua warna ini memiliki pengaruh psikologi untuk meningkatkan nafsu makan seseorang.  Maka perlu pertimbangan matang untuk memilih dan menghindari warna cat kamar anak supaya tak mempengaruhi psikologi anak. 

Baca Juga: 4 Efek Negatif Memuji Anak Secara Berlebihan, Orang Tua Wajib Tahu!


Tak hanya itu, melansir Dokter Sehat beberapa budaya kuno seperti Mesir dan Tiongkok menggunakan warna untuk terapi. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui warna yang sebaiknya dihindari untuk dijadikan warna cat dinding kamar anak. 

Penelitian yang dilakukan University of California menunjukan anak sangat sensitif dan mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar. Melansir Moshikids, penelitian juga menunjukan bahwa warna terang lebih memberikan efek positif dibandingkan warna yang gelap.  

Berikut pilihan warna cat kamar anak yang sebaiknya dihindari,  dirangkum dari Kidsinterior, Tepeejoy, Moshikids, dan Mywonderfullwal. 

Merah

Warna merah hanya cocok untuk dijadikan aksen, bukan warna cat dominan di dinding kamar anak Anda. Hal ini karena warna merah memicu sifat agresif pada anak. Selain itu warna merah yang dominan juga memicu anak sulit untuk fokus.  Warna merah juga berfungsi untuk meningkatkan energi, sehingga kurang cocok dijadikan warna dominan di kamar tidur anak.  

Kuning

Warna kuning kerap diasosiasikan dengan suasana yang ceria, meningkatkan kinerja otak, keaktifan dan keceriaan. Namun jika diletakan terlalu banyak warna cat kuning di kamar, akan membuat anak cenderung berpikir terlalu banyak dan menimbulkan pergolakan batin.  Ini menyebabkan anak kesulitan merasa tenang di saat mereka harus beristirahat.

Hitam

Hitam bagi banyak orang merupakan warna yang berkelas dan tidak akan lekang oleh waktu. Meski demikian, jangan jadikan warna hitam sebagai warna cat dinding kamar anak. Apalagi menjadi warna dominan. Sebab warna ini mendorong anak menjadi lebih agresif dan mudah memberontak. Selain itu warna hitam juga membuat kamar menjadi terasa lebih sempit. 

Abu-abu

Warna abu-abu adalah warna yang netral untuk memberikan aksen warna lain di dalam ruangan. Namun jika terlalu banyak memberi warna abu-abu, anak bisa merasa terasingkan. Jadi jangan jadikan abu-abu, terutama abu-abu gelap sebagai warna cat dominan di kamar anak Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta