Hindari, ya! Ini Jenis Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung



MOMSMONEY.ID - Penting diketahui, inilah beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

Memilih makanan yang tepat sangat penting untuk menghindari iritasi dan memperparah kondisi asam lambung naik. Salah satu kelompok makanan yang harus diperhatikan adalah buah-buahan.

Meskipun secara umum baik untuk kesehatan, ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. Apa sajakah itu?


Merangkum dari laman Alodokter dan Pyfa Health, di bawah ini adalah daftarnya:

1. Tomat

Tomat dan produk olahannya seperti saus atau jus tomat juga tinggi asam yang bisa mengiritasi dinding lambung dan kerongkongan serta memicu gejala GERD.

Baca Juga: Patut Dicoba, Inilah Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Mengobati Asam Lambung

2. Apel Hijau

Apel hijau cenderung lebih asam dibandingkan apel merah, sehingga bisa meningkatkan asam lambung dan memperparah gejalanya. Sebaiknya hindari atau batasi konsumsi apel hijau.

3. Jeruk dan Buah Sitrus Lainnya

Buah sitrus seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon kaya akan vitamin C tapi juga mengandung banyak asam. Asam ini bisa menyebabkan gejala asam lambung seperti mual dan nyeri ulu hati.

Meskipun demikian, Anda masih bisa mengonsumsi buah ini dalam jumlah kecil dan disarankan untuk minum banyak air, terutama air alkali, untuk mengurangi efek keasamannya.

Baca Juga: Cara Mengobati Kolesterol dengan Bahan Alami Ini, Intip Daftarnya

4. Nanas

Beberapa penderita asam lambung mungkin tidak mengalami masalah saat makan nanas, namun ada juga yang gejalanya kambuh. Nanas memiliki pH yang cukup asam, yaitu sekitar 3–4. Jadi sebaiknya batasi konsumsi buah ini jika Anda memiliki asam lambung.

5. Cokelat

Cokelat mengandung kafein dan methylxanthine yang bisa memicu GERD. Kafein dapat menyebabkan heartburn. Sementara itu, methylxanthine membuat otot di bagian bawah kerongkongan melemah, sehingga memudahkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Baca Juga: Apakah Aman Konsumsi Telur Rebus untuk Asam Lambung?

6. Cabe

Cabe mengandung capsaicin yang memberikan rasa pedas, tapi juga bisa mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Konsumsi cabe berlebihan bisa memperparah gejala asam lambung.

Nah, itulah beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas