JAKARTA. Perekonomian Indonesia memang sedang loyo. BI rate kembali naik, tingkat inflasi tinggi, dan pertumbuhan ekonomi melambat. Namun, lesunya indikator ekonomi itu, ternyata tidak membuat kinerja sejumlah ATPM otomotif di Tanah Air ikut terpuruk. Lihat saja kinerja PT Toyota Astra Motor (TAM). Hingga Agustus 2013, penjualan TAM naik 5,6% dibandingkan periode Januari-Agustus tahun 2012.
Di sepanjang Januari-Agustus 2012, penjualan mobil TAM tercatat hanya 264.431 unit. Namun, di periode yang sama di tahun ini, penjualannya naik menjadi 279.152 unit. General Manager Corporate Planning & Public Relation PT Toyota Astra Motor Widyawati mengatakan, ketatnya kompetisi pada produk mobil baru membuat pihaknya harus terus berinovasi untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan pasar. Di sepanjang tahun ini, tipe mobil Toyota yang paling diminati konsumen adalah kendaraan penumpang (
passenger car) dan kendaraan niaga (
commercial vehicle). Pada segmen kendaraan penumpang, penjualan TAM mengalami kenaikan sebesar 4,9% dari 243.832 unit di periode Januari-Agustus 2012 menjadi 255.889 unit di periode yang sama tahun 2013. Kontribusi penjualan pada segmen ini
passenger car sebesar 91,67% dari total portofolio penjualan TAM. Sisanya sekitar 8,33% atau 23.263 unit berasal dari penjualan mobil niaga. Segmen kendaraan penumpang masih didominasi oleh penjualan mobil tipe MPV yang naik 5,1% dari periode Januari-Agustus 2012 sebanyak 176.196 unit menjadi 185.243 unit di tahun 2013. Pada segmen compact car juga mengalami peningkatan sebesar 27,9% dari tahun lalu tercatat sebesar 18.045 unit menjadi 23.086 unit di 2013. Sementara itu, penjualan kendaraan niaga juga mengalami peningkatan 12,9% dari periode Januari-Agustus 2012 lalu sebesar 20.599 unit menjadi 23.263 unit pada tahun 2013. Melalui ajang International Motor Show 2013 mendatang, TAM optimistis penjualannya akan mengalami kenaikan dibandingkan dengan periode hingga Agustus lalu. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Dikky Setiawan