KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daihatsu Xenia masih menunjukkan taringnya di pasar segmen kendaraan low multi purpose vehicle (LMPV). Sepanjang Januari - April 2020 lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat Daihatsu Xenia terjual lebih dari 5.000 unit dengan pangsa pasar 10,1%. Hitungan ADM, pencapaian tersebut menjadikan Daihatsu Xenia sebagai kendaraan terlaris ketiga di segmen LMPV pada empat bulan pertama. Pencapaian ini disyukuri oleh manajemen ADM. Pasalnya, persaingan di segmen pasar LMPV terbilang cukup ketat. Hal ini terlihat dari jumlah pemain di segmen tersebut yang kerap bertambah dari waktu ke waktu.
Baca Juga: Honda banting setir jualan secara online menggandeng dua e-commerce menghadapi PSBB Sebagai gambaran, pada tahun 2004 silam, hanya terdapat dua merek yang bersaing di segmen LMPV. Namun demikian, saat ini jumlah merek yang bersaing di segmen tersebut kemudian meningkat pesat menjadi sebanyak 7 merek. Maklum saja, dari waktu ke waktu, segmen ini terus berkembang menjadi salah satu segmen paling gemuk dalam pasar otomotif nasional. Pada sepanjang empat bulan pertama tahun ini saja misalnya, segmen LMPV tercatat menjadi segmen dengan kontribusi paling besar dalam total pasar otomotif nasional. Adapun sumbangan kontribusinya mencapai 20,8% dari total pasar otomotif nasional. Daihatsu sendiri merupakan salah satu pemain lama di segmen LMPV. Pada tahun 2004 lalu, ADM telah meluncurkan Daihatsu Xenia ke pasaran otomotif nasional.