Hingga Jumat (20/9) Pagi, Terjadi 33 Kali Gempa Susulan di Bandung



KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Sebanyak 33 kali gempa bumi dangkal susulan masih terjadi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sejak Rabu (18/9) hingga Jumat (20/9). 

Gempa susulan terbesar tercatat dengan magnitudo 3,5. 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, Teguh Rahayu, menyatakan bahwa setelah gempa utama dengan magnitudo 4,9 yang terjadi pada Rabu kemarin, gempa susulan terus berlanjut hingga pagi ini. 


"Update hingga pagi ini pukul 08.00 WIB, gempa susulan sudah tercatat sebanyak 33 kali sejak gempa utama," ujar Teguh dalam keterangan resminya, Jumat (20/9). 

Baca Juga: Sempat Berhenti Operasi Karena Gempa, Whoosh Beroperasi Normal Hari Ini

Berdasarkan data yang dihimpun, magnitudo gempa susulan bervariasi, mulai dari yang terkecil M 1,2 hingga yang terbesar M 3,5. 

Namun, guncangan yang dirasakan oleh masyarakat terjadi sebanyak tiga kali.  "Gempa susulan hari ini terjadi pukul 03.53 WIB," kata Teguh. 

Dia menjelaskan bahwa pusat gempa utama terletak di kedalaman di bawah 10 kilometer dan berlokasi 25 kilometer tengara Kabupaten Bandung. 

Guncangan gempa utama dirasakan hingga ke daerah sekitarnya, termasuk Kabupaten Garut, Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Gempa ini juga menyebabkan kerusakan pada ribuan bangunan, termasuk rumah warga, fasilitas kesehatan, dan tempat ibadah. 

Baca Juga: BMKG: Gempa di Kabupaten Bandung Rabu (18/9) Dipicu Aktivitas Sesar Garut Selatan

Selain itu, sebanyak 139 orang mengalami luka-luka, dan 3.830 jiwa terpaksa harus mengungsi. 

Sebelumnya, gempa bumi di Kabupaten Bandung disebabkan oleh aktivitas Sesar Garsela. 

Namun, gempa susulan diperkirakan berasal dari sesar yang belum teridentifikasi. 

"Hasil diskusi sementara, awalnya gempa ini diprediksi terjadi di Sesar Garsela. Namun, setelah dilakukan pemetaan dan analisis data gempa susulan, kemungkinan gempa ini terjadi pada sesar yang belum terpetakan," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, pada Kamis (19/9).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Gempa Susulan di Bandung 33 Kali Terjadi hingga Jumat Pagi Ini"

Klik untuk baca: https://bandung.kompas.com/read/2024/09/20/101048978/gempa-susulan-di-bandung-33-kali-terjadi-hingga-jumat-pagi-ini.

Selanjutnya: China Pertahankan Suku Bunga Acuan, Pasar Berharap Ada Pemangkasan Segera

Menarik Dibaca: Ini Tren Cat Rumah 2025 dari Dulux: Kuning ‘True Joy’

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi