Hingga Rabu siang, PLN pulihkan kelistrikan 142.000 pelanggan di NTT



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memperbaiki 1.005 gardu di wilayah kabupaten dan kota Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Rabu (7/4) siang pasca cuaca ekstrem akibat siklon tropis seroja beberapa hari lalu.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Sujatmiko mengatakan, perbaikan 1.005 gardu ini membuat aliran listrik kembali normal untuk total 142.000 pelanggan.

Kendati demikian, perbaikan ini baru mencapai 25% dari total keseluruhan pemulihan gardu terdampak.

“Setelah kami pastikan kondisi pelanggan aman, kami mulai mengalirkan listrik ke rumah warga. Pararel kami terus percepat perbaikan tower miring dan jaringan yang rusak akibat diterjang badai seroja,” ujar Agus dikutip dari keterangan resmi, Kamis (8/7).

Baca Juga: BMKG: Siklon Tropis Seroja diprediksi intensitasnya meningkat dalam 24 jam ke depan

Sejumlah wilayah sudah menyala , diantaranya Oepoi, Cak Doko, dan sebagian BTN Kolhua, Kabupaten Sumba Barat, Sumba Jaya, Ende, Ngada, Sikka, Flores Timur, dan bertahap pulih di Kabupaten Lembata, Sumba Timur. Selain itu PLN juga masih berupaya untuk bisa menembus wilayah yang masih belum bisa diakses.

“Salah satu kendala di lapangan yakni banyaknya daerah yang masih belum bisa ditembus petugas karena aksesnya rusak, kami kerahkan 442 personil yang kami sebar demi percepatan pemulihan kelistrikan,” kata Jatmiko.

Selain melakukan pemulihan kelistrikan, melalui YBM (Yayasan Baitul Maal) PLN memberikan bantuan di beberapa daerah yang terdampak signifikan. Sampai dengan saat ini, bantuan mengalir ke Desa Lamahala Jaya dan Desa Waiburak-Adonara, Flores Timur.

Bekerja sama dengan Relawan setempat, PLN juga membuka dapur umum di lokasi yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Ile Ape, Lembata.

PLN terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan dan bersabar untuk penormalan kelistrikan. Selanjutnya masyarakat bisa menghubungi melalui call center PLN 123 atau melalui aplikasi New PLN Mobile.

Selanjutnya: Dukung BNPB, TNI AL kerahkan enam kapal perang membantu evakuasi banjir bandang NTT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat