HOKI Perkuat Jaringan Distribusi guna Tingkatkan Penjualan Beras Putih & Dailymeal



KONTAN.CO.ID - PT Buyung Poetra Sembada, Tbk., (HOKI), produsen beras ternama merek ‘Topi Koki’ yang tercatat di Bursa Efek Indonesia terus memperkuat jaringan distribusi untuk mendongkrak penjualan beras dan produk beras sehat alternatif berbahan baku lokal yaitu Dailymeal. Selain itu, penguatan jaringan distribusi tersebut merupakan bagian dari persiapan untuk peluncuran produk baru beras alternatif yang sehat dan praktis pada Kuartal 4 2024.

“Produk baru ini bisa dikonsumsi di mana saja karena untuk memasaknya hanya perlu menuangkan air panas. Beras alternatif yang sehat dan praktis ini akan segera diluncurkan, dan harapannya dapat menggenjot penjualan produk fast moving consumer goods (FMCG) melalui anak usaha PT Hoki Distribusi Niaga (HDN),” ujar Direktur HOKI, Budiman Susilo.

Sementara itu, pada kuartal ketiga 2024 ini penjualan HOKI meningkat 19,86% YoY menjadi Rp1,065 triliun. Perolehan laba kotor tercatat tumbuh 36% YoY menjadi Rp93 miliar. Laba bersih Perseroan pada periode ini melesat hingga 231% YoY menjadi Rp18 miliar.


Adapun anak usaha HOKI, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) pada Januari - September 2024 ini membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 4,8% YoY. Sampai kuartal ketiga 2024 ini penjualan nasi jagung dan nasi singkong merek Dailymeal naik dua kali lipat, menjadi pendorong utama pertumbuhan penjualan HDN.

Peningkatan penjualan yang signifikan tersebut dicapai berkat upaya Perseroan untuk terus mengevaluasi strategi dan jaringan distribusi yang efektif, sehingga produk-produk HDN dapat menjangkau pelanggan yang tepat. Saat ini, produk-produk Dailymeal telah bisa didapatkan dengan mudah di seluruh gerai Indomaret dan ecommerce.

“Untuk semakin meningkatkan penjualan, HOKI akan terus memperkuat jaringan distribusi terutama untuk pasar di luar pulau Jawa,” tutup Budiman Susilo.

Sekilas PT Buyung Poetra Sembada Tbk:

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) didirikan pada tahun 2003 adalah perusahaan produksi dan distribusi beras premium dengan merek “Topi Koki”, di mana awal pendiriannya adalah pengembangan usaha dari Toko Buyung Palembang (berdiri sejak tahun 1977). Selain itu, HOKI juga memproduksi beras dengan merek: HOK-1, Setra Ramos, Rumah Limas, BPS, Super Belida (beras pera), dan menjual ke B2B seperti beras menir (Broken Rice) ke pabrik bihun dan untuk keperluan lainnya.

HOKI juga memproduksi Beras Private Brand untuk perusahaan lain seperti Indomaret, Alfamart, dll. Selain itu, merek TopiKoki Setra Ramos juga saat ini telah hadir di mini market. Pemasaran HOKI selain dilakukan di pasar tradisional (general trade) juga didistribusikan ke pasar modern dan online marketplace. HOKI memiliki pabrik dan Gudang di Subang, Jawa Barat dan Cipinang, Jakarta Timur dengan total kapasitas 55 ton per jam.

Seiring dengan perkembangan bisnis, HOKI melakukan IPO pada tahun 2017. Sejak tahun 2020, HOKI menambahkan alternatif sumber pendapatan baru sekaligus meningkatkan implementasi praktik ESG melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga sekam padi dan menyewakannya. Pada tahun 2022, HOKI bertransformasi menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) melalui peluncuran produk Dailymeal dan di distribusikan melalui PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). Di tahun yang sama HOKI juga mendirikan PT Hoki Investasi Sejati (HIS) sebagai bagian dari diversifikasi perseroan untuk memasuki bisnis equity investment pada perusahaan terbuka. Secara keseluruhan HOKI memiliki 4 sumber pendapatan: 1) Produksi & distribusi produk beras, 2) Produksi energi terbarukan (Dari sekam padi), 3) Produk FMCG (“Dailymeal”), dan 4) Equity investment pada perusahaan terbuka.

Baca Juga: Penjualan Buyung Poetra Sembada (HOKI) Naik 19,86% di Kuartal III-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti