Honda Bidik Kenaikan Penjualan 18,78%



JAKARTA. Cerahnya pasar otomotif yang terdorong pemulihan ekonomi paska krisis ekonomi global, membuat produsen mobil asal Jepang, PT Honda Prospect Motor (HPM) optimistis. Perusahaan ini mematok penjualan mereka mampu tumbuh 18,78% di 2010 ini. Tahun ini, penjualan dipatok mencapai 47.000 unit. Jumlah tersebut naik 7.430 unit dari pencapaian 2009 yang terjual 39.570 unit.

Yukihiro Aoshima, President Director PT HPM mengatakan, fundamental pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini sudah cukup baik. Indikator tersebut nampak dari suku bunga yang rendah dan nilai tukar Rupiah yang stabil. "Sehingga kami yakin pasar penjualan otomotif di Indonesia untuk semua merek bisa mencapai 566.000 unit tahun ini atau naik 16,4% dibanding 2009," ujar Yukihiro, Rabu (3/2).


Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM menambahkan, pihaknya juga tak kuatir program penarikan atau recall sejumlah produk mobil Honda lantaran kesalahan produksi akan mempengaruhi pasar mobil Honda di Indonesia. Khusus di Indonesia, Honda menarik tunggangannya yakni Honda City keluaran 2007-2008 dari pasar di dalam negeri. "Toh kami melakukannya sebagai wujud tanggung jawab, konsumen juga mengerti," tandas Jonfis.

Dia mencontohkan, pada 2006 lalu saat melakukan recall terhadap Honda Jazz, pangsa pasar mobil hatchback-nya tersebut di Indonesia tak terganggu. "Bahkan market share Jazz naik dari 35% di 2007 menjadi 49% di tahun 2008," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test