Honda Luncurkan Honda Civic R di Indonesia, tapi Harus Inden, Ini Penyebabnya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Akhirnya Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan generasi terbaru mobil sport All New Honda Civic Type R . All New Honda Civic Type R menjadi model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda.

Varian Type R adalah jenis mobil Honda yang dirancang dengan inspirasi dari sebuah mobil balap. Varian ini pertama kali diperkenalkan untuk Honda NSX pada tahun 1992 sebagai sebuah mobil sport Honda yang berfokus pada kecepatan dan kesenangan dalam berkendara yang luar biasa dari sebuah mobil balap.

Setelah itu, varian Type R juga pernah hadir untuk model-model seperti Honda Integra dan Honda Accord. Honda Civic sendiri pertama kali memiliki varian Type R pada tahun 1997, dan pada saat ini sudah memasuki generasi yang keenam.


Baca Juga: All New Honda Civic Type R Meluncur di Indonesia, Civic Tercepat yang Pernah Dibuat

Berbeda dengan varian Honda lain, setiap varian Type memiliki emblem logo Honda berwarna merah yang sebelumnya hanya digunakan pada mobil balap Honda dalam sebuah kejuaraan balap. 

Direktur Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy menyebutkan, bila antusias konsumen dari all new Civic Type R jauh lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya. Hal ini dilihat dari jumlah pemesanan sebelum tanggal perilisan.

"Model sebelumnya, selama 2 tahun terjual sebanyak 118 unit. Dan yang terbaru ini sebelum launching sudah 95 unit dipesan, animonya sangat jauh berbeda," kata Billy, Kamis (30/3).

Dari total pemesanan yang didapat oleh HPM atas Civic Type R anyar, pihaknya baru menerima alokasi sebanyak 15 unit dari prinsipal Honda di Jepang. Pada saat peluncuran, mereka turut melakukan proses penyerahan kepada 10 konsumen pertama.

Baca Juga: Honda Persiapkan Mobil Honda Civic Type R-GT Concept untuk Ajang Balap Super GT 2024

Proses distribusi unit, akan terus dimaksimalkan oleh HPM. Honda Indonesia berjanji akan melakukan upaya intens dan komunikasi kepada prinsipal agar pemenuhan unit bisa diselesaikan dengan cepat.

Alasan utama pembelian dari Civic Type R perlu inden dikarenakan jumlah produksinya yang terbatas. Pemicu permasalahan ini disebabkan oleh pasokan komponen yang mengalami masalah.

All New Honda Civic Type R mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 319 PS, meningkat 9 PS dibanding generasi sebelumnya, dan torsi maksimum 420 Nm, meningkat 20 Nm ketimbang generasi sebelumnya.

Dengan tenaga mesin yang paling bertenaga, All New Honda Civic Type R berhasil memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang..

All New Honda Civic Type R tersedia dalam lima pilihan warna. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 1,4 miliar on the road Jakarta untuk kepemilikan orang pertama tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian