Honda masih pimpin pasar sepeda motor nasional



JAKARTA. Walau penjualannya turut melambat, PT Astra Honda Motor (AHM) masih merajai pangsa pasar sepeda motor di Indonesia. Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor Honda periode Januari-Juli 2015 mencapai 2.417.353 unit. Dengan penjualan tersebut, market share Honda mencapai 65,41%.

Sejatinya meski masih memimpin pangsa pasar, penjualan sepeda motor Honda turun 18,13% dibanding Januari-Juli 2014. Kala itu, penjualan sepeda motor Honda mampu mencapai 2.952.933 unit.

David Budiono Production, Engineering and procurement Director AHM mengatakan, penurunan penjualan sepeda motor Honda memang terjadi di semua produk. “Ini memang karena melemahnya daya beli konsumen akibat melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional,” kata David saat dihubungi KONTAN, Kamis (27/8).


Kalaupun ada produk Honda yang turunnya paling sedikit, itu adalah jenis sepeda motor matic. Sebab sepeda motor matic memang memiliki keunggulan bahan bakar yang lebih hemat, serta mudah dikemudikan.

Dari segi harga juga cukup kompetitif dibanding motor manual. “Sehingga produk kami Honda Beat, Honda Vario, dan Honda Scoopy masih relatih lebih kecil penurunannya,” pungkas David.

AHM sendiri masih sulit memprediksi realisasi penjualan sepeda motor Honda hingga akhir 2015. Upaya yang bisa dilakukan hanyalah mempertahankan dominasi pangsa pasar Honda di Indonesia. “Kami akan terus mengupayakan inovasi terbaru melalui peluncuran produk baru secara berkala untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” pungkas David.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Havid Vebri