HP gabungkan unit printer dengan unit PC



SAN FRANSISCO. Pabrikan komputer Hewlett Packard (HP) mengguncang dunia bisnis teknologi di kuartal satu tahun ini. Produsen perangkat komputer ini memutuskan untuk menggabungkan dua unit bisnisnya yaitu, unit printer dan personal computer (PC).

Meg Whitman, Chief Executive HP menyatakan, penggabungan dua divisi terbesar ini bertujuan untuk menggenjot kinerja pertumbuhan perusahaan. “Kami melakukan ini dengan pertimbangan struktur pembiayaan agar bisa bekerja lebih efisien,” ujar Whitman.

Gabungan unit bisnis ini nantinya akan dipimpin oleh Todd Bradley. Sebelumnya, Bradley bekerja sebagai Executive Vice President pada Personal Systems Group (PSG) yang mencakup personal-computer, tablet dan ponsel pintar.


Menurut penelitian dari perusahaan riset International Data Computer (IDC), pangsa pasar HP di penghujung tahun 2011 hanya 16% dari total penjualan PC secara global. Angka ini turun dari pangsa pasar tahun sebelumnya sebesar 19,4%

Sementara itu, Lenovo Group dan Dell selaku kompetitor HP telah melakukan berbagai ekspansi pasar ke seluruh dunia. Oleh karena itu, Lenovo berhasil mengekori kinerja HP dengan pangsa pasar 14%.

Editor: Asnil Amri