HPM bakal Ekspor 1.000 Honda Freed Mulai Hari Ini



JAKARTA. Kendaraan multi purpose vehicle (MPV) ternyata tidak hanya disukai di Indonesia. Di sejumlah negara di Asia Tenggara, kendaraan tujuh penumpang ini juga banyak peminatnya. Itu sebabnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) bakal mengirim Honda Freed ke pasar ekspor mulai hari ini, Senin (14/12).

"Ekspor perdana sebanyak 1.000 unit akan ditujukan ke Thailand," kata Yulian Karfili, Corporate Communication PT Honda Prospect Motor (HPM) kepada KONTAN, Minggu (13/12).

Kendaraan yang diproduksi di Karawang itu bakal dikirim ke Thailand dalam dua tahap, yaitu Desember 2009 dan Januari 2010. Sesudah Thailand, PT HPM akan memasok Freed untuk Singapura, Brunei Darussalam, dan Malaysia. "Kami memang ditunjuk sebagai basis produksi Freed untuk pasar Asia Tenggara," kata Yulian.


Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Bambang Trisulo menyambut baik rencana ekspor Freed. Menurutnya, nilai lebih Freed bukan hanya pada muatannya saja, tetapi juga lantaran Freed relatif tak memiliki pesaing. "Untuk kategori mobil keluarga, harganya yang dipatokRp 260 juta-an membuat kategori ini sedikit berada di atas tipe-tipe mobil keluarga yang lain," katanya.

Seiring dengan rencana ekspor Freed ke Asia Tenggara, PT HPM juga berniat menambah volume produksinya, dari 50.000 unit menjadi 60.000 unit dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

Kinerja Freed Kinclong

HPM menghitung, prospek pasar di negara-negara Asia Tenggara cukup menggiurkan. "Kami cukup optimistis melihat prestasi Honda Freed di Indonesia selama ini," tegas Yulian. Apalagi, prestasi Freed memang terbilang moncer dibandingkan varian Honda lainnya. Saat penjualan mobil merosot pada bulan September lalu, pangsa pasar Freed justru makin gemuk menjadi 12% dari posisi bulan Agustus yang hanya menguasai pasar 10%.

"Sejak Freed diluncurkan di Indonesia pada akhir Juni 2009, terus menunjukkan rata-rata penjualan sebanyak 1.600 unit per bulannya," kata Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, akhir pekan lalu. Awalnya, HPM hanya mematok penjualan Freed sebanyak 1.000 unit per bulan.

Hingga akhir November 2009, Freed menggenggam pasar MPV sebesar 15% dengan penjualan sebanyak 8.483 unit. Rekor tertinggi penjualan Honda Freed selama lima bulan dicapai pada bulan Oktober 2009, dengan penjualan sebanyak 2.146 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test