HPM Umumkan Program Recall Honda City di Indonesia



JAKARTA. PT Honda Prospect Motor (PT HPM) secara resmi mengumumkan program recall (penarikan untuk perbaikan) yang akan dilakukan terhadap Honda City pembelian 2007 sampai dengan 2008 di pasaran Indonesia. Program ini akan mulai tanggal 1 Maret 2010 sampai 30 September 2010.
Honda City 2007-2008 diidentifikasi menggunakan komponen power window master switch produksi OMRON. Komponen tersebut sama dengan yang digunakan untuk memproduksi Honda Jazz di beberapa negara.
Dalam kasus yang paling banyak ditemukan di Irlandia tersebut, komponen Power Window Master Switch yang ada dalam Honda JAzz tersebut bila terkena air dalam jumlah yang banyak dan waktu yang lama, memungkinkan terjadi hubungan listrik arus pendek. Hubungan listrik arus pendek di dalam komponen tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada power window atau membuat komponen tersebut meleleh dan mengeluarkan asap.
"19 kasus di Irlandia, Amerika Serikat, Inggris, dan Afrika Selatan," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM Jonfis Fandy kepada KONTAN semalam (1/1).
Sesuai dengan penjelasan di atas, Honda Motor Co., Ltd. dan PT HPM memastikan bahwa tidak ada satu pun produk Honda Jazz di Indonesia yang terkena program recall. Selain Indonesia, beberapa negara seperti Jepang, Thailand dan Australia juga dipastikan tidak melakukan recall untuk produk Honda Jazz di negaranya
Namun karena Honda City 2007 dan 2008 yang beredar di Indonesia diketahui menggunakan komponen yang sama, maka PT HPM memutuskan untuk melakukan recall terhadap sedan tersebut. "Sampai saat ini, tidak ada satu pun kasus yang dilaporkan sehubungan dengan komponen power window main switch yang terjadi pada Honda City di seluruh dunia, recall adalah tindakan preventif," tegas Jonfis.
Karena itu, sebanyak 3.240 unit Honda City tahun pembelian 2007 sampai dengan 2008. All New Honda City yang diluncurkan di Indonesia pada November 2008 tidak termasuk dalam model yang terindentifikasi.
Program penarikan tersebut dilakukan mulai tanggal 1 Maret 2010 sampai 30 September 2010. Konsumen dapat memperoleh keterangan lebih lanjut mengenai informasi ini dengan menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau Customer Care bebas pulsa Honda di 0-800-11-22-789 dari Senin-Jumat dari jam 09..00 – 19.00 WIB, dan hari Sabtu dari jam 09.00 – 14.00 WIB.
Yukihiro Aoshima, President Director PT HPM mengatakan, program penarikan untuk perbaikan terhadap Honda City merupakan kewajiban produsen untuk memastikan bahwa produk yang ada di tangan pelanggan selalu berada dalam kondisi yang sesuai dengan standar mutu yang diinginkan produsen. "Karena itu kami selalu melakukan evaluasi berkesinambungan terhadap setiap produk," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor: