HSCB lepas kepemilikan 195 kantor cabang ke tangan investor Amerika



NEW YORK. HSBC Holding Plc, bank terbesar di Eropa berdasarkan market value melepas sebagian kantor cabangnya pada First Niagara Financial Group Inc. Bank yang berbasis di London, Inggris itu menjual 195 kantor cabang di Amerika Serikat senilai US$ 1 miliar.

Harga tersebut sudah termasuk premi sebesar 6,7%. Hingga 31 Mei 2011, tercatat di seluruh jaringan HSBC AS menyimpan dana masyarakat sebesar US$ 15 miliar. HSBC juga akan melepas 13 cabang lainnya yang terletak di Negara Bagian Connecticut dan New Jersey pada triwulan pertama tahun 2012.

Chief Executive Officer HSBC Stuart Gulliver mengatakan, kesepakatan ini memberikan wewenang pada First Niagara untuk memperluas pangsa pasar di kota Buffalo, New York. HSBC juga tengah mencari investor strategis untuk membeli unit bisnis kartu kreditnya di AS dengan nilai aset lebih dari US$ 30 miliar.


"Penjualan cabang merupakan bagian dari strategi untuk menyelaraskan bisnis kami di AS dengan jaringan global. Selain itu, langkah ini ditempuh untuk memenuhi kebutuhan lokal dan internasional klien domestik dan luar negeri," kata CEO HSBC Amerika Utara, Niall Booker.

Akhir-akhir ini, HSBC melakukan langkah besar, di antaranya adalah pemangkasan jumlah karyawan antara 10.000-15.000 pekerja selama tiga tahun mendatang.

Editor: