BOGOR. Honda Prospect Motor (HPM) mengakui strategi diskon harga mobil baru dari dealer merupakan bagian dari strategi penjualan, tapi seharusnya punya batas kewajaran. Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy mengatakan, ada efek samping merugikan bila masyarakat terus teredukasi dengan embel-embel diskon. Ketika permintaan unit tidak seimbang dengan suplai, sudah sepantasnya jaringan pemasaran mengatur strategi mempercepat penjualan. Salah satu cara yang bisa digunakan dengan menebar potongan harga beli konsumen. Kebijakan ini milik dealer, tapi jika berjalan seperti “cuci gudang”, konsumen hanya diuntungkan di awal pembelian. Paling krusial, menurut Jonfis, diskon menjatuhkan resale value mobil. Hal ini berkaitan dengan kelanjutan penjualan. “Kebiasaannya, konsumen cenderung ingin upgrade dari mobil yang dimiliki sekarang. Lalu ketika mobil dijual, harganya jatuh. Mau beli yang baru kemahalan,” kata Jonfis di Bogor, Kamis, (21/8).
Diskon mobil baru bikin konsumen kecanduan
BOGOR. Honda Prospect Motor (HPM) mengakui strategi diskon harga mobil baru dari dealer merupakan bagian dari strategi penjualan, tapi seharusnya punya batas kewajaran. Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy mengatakan, ada efek samping merugikan bila masyarakat terus teredukasi dengan embel-embel diskon. Ketika permintaan unit tidak seimbang dengan suplai, sudah sepantasnya jaringan pemasaran mengatur strategi mempercepat penjualan. Salah satu cara yang bisa digunakan dengan menebar potongan harga beli konsumen. Kebijakan ini milik dealer, tapi jika berjalan seperti “cuci gudang”, konsumen hanya diuntungkan di awal pembelian. Paling krusial, menurut Jonfis, diskon menjatuhkan resale value mobil. Hal ini berkaitan dengan kelanjutan penjualan. “Kebiasaannya, konsumen cenderung ingin upgrade dari mobil yang dimiliki sekarang. Lalu ketika mobil dijual, harganya jatuh. Mau beli yang baru kemahalan,” kata Jonfis di Bogor, Kamis, (21/8).