Idul Adha di tengah pandemi Covid-19, BRISyariah tawarkan kurban digital



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada 31 Juli 2020, PT Bank BRIsyariah Tbk menawarkan kurban secara digital melalui aplikasi mobile BRIS Online.

BRIsyariah pun bekerja sama dengan lembaga-lembaga Ziswaf terpercaya seperti Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, dan ACT. Ini dilakukan agar masyarakat bisa memilih lembaga Ziswaf yang diinginkan. 

Dengan melakukan kurban secara digital, daging kurban akan langsung didistribusikan oleh lembaga-lembaga tersebut kepada pihak yang membutuhkan. 

Baca Juga: Cara nyaman beli hewan kurban lewat lapak online dan dapat diskon pula

Hal itu sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 36 Tahun 2020 tentang Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Wabah Covid-19. Pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban harus sesuai dengan protokol kesehatan.

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat melaksanakan ibadah kurban secara daring. Caranya dengan masuk ke menu Ziswaf kemudian pilih menu kurban, masukkan nominal, dan konfirmasi.

“Kurban Digital merupakan solusi beramal di tengah pandemi. Kami akan terus memanfaatkan teknologi digital untuk hal-hal baik seperti ini, terutama mengakomodir masyarakat yang ingin beribadah. Kami memastikan hewan kurban berkualitas dan sudah layak dikurbankan menurut syariat Islam serta melalui quality control yang amanah,” ujar Mulyatno Rachmanto,Sekretaris Perusahaan BRIsyariah dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Senin (13/7).

Lanjutnya, BRIsyariah juga berharap dapat memberdayakan peternak lokal untuk mandiri di tengah kondisi pandemi. Pembeli kurban memang jauh berkurang dibandingkan tahun lalu karena terganggunya stabilitas ekonomi akibat pandemi dan sebagian masyarakat yang takut keluar rumah. 

Baca Juga: Penuhi target tahun ini, BRI Syariah dapat tambahan kuota KUR Rp 1,5 triliun

“Dengan adanya Kurban Digital melalui aplikasi BRIS Online, pembeli cukup masuk ke menu Ziswaf dengan beragam pilihan lembaga Ziswaf terpercaya dan harga hewan yang terjangkau. Hal ini juga memberikan manfaat positif kepada pedagang hewan kurban yang terdampak akibat pandemi,” tutup Mulyatno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari