KONTAN.CO.ID - Igloo, perusahaan insurtech regional, mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan Tokopedia. Melalui kemitraan ini, Igloo akan membawa berbagai pengalaman dan kemampuan dari tingkat regional termasuk dalam sektor e-commerce, logistik, dan financial technology. Melalui kolaborasi ini, Igloo dan Tokopedia juga berpotensi memperluas cakupan produk perlindungan untuk melindungi masyarakat di 99% kecamatan di seluruh Indonesia dan lebih dari 14 juta UMKM, yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Dalam kerja sama pada tahap pertama ini, Igloo dan Tokopedia akan memberikan akses untuk perlindungan bagi konsumen berupa asuransi Proteksi Gadget, Proteksi Elektronik, dan Proteksi Kerusakan Total (total loss). Ketiga kategori terpilih sesuai dengan pilihan utama konsumen di Tokopedia. Konsumen dapat dengan mudah memilih asuransi yang dibutuhkan sebelum proses pembayaran, mulai dari biaya terjangkau sebesar Rp48.300 untuk perlindungan gadget, Rp14.334 untuk perlindungan elektronik selama 12 bulan, dan mulai dari Rp500 untuk perlindungan kerusakan total selama 3 - 12 bulan.
“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Tokopedia untuk memanfaatkan pengalaman dan kemampuan, yang kami dapatkan dari pasar lokal dan regional, untuk memberikan perlindungan yang diperlukan konsumen. Ditambah dengan dukungan teknologi yang kuat, Igloo dapat dengan cepat mengembangkan, mengintegrasikan, dan menyebarkan produknya ke pasar. Selain itu, dengan bekerja sama dengan Tokopedia sebagai platform e-commerce terkemuka di tanah air, kami yakin dapat terus berkolaborasi dan menyediakan produk asuransi yang inovatif serta berkontribusi dalam mengembangkan ekonomi digital Indonesia,” kata Country Manager Igloo Indonesia Henry Mixson. Igloo dipilih sebagai mitra karena pengalaman internasional dan lokalnya, serta kemitraannya yang luas dengan penyedia asuransi, yang memungkinkan kolaborasi dinamis dengan Tokopedia, termasuk menjajaki peluang dalam embedded insurance. Meskipun ketersediaan asuransi telah hadir di Tokopedia, kolaborasi dengan Igloo akan membawa manfaat lebih lanjut, termasuk integrasi API dan dukungan khusus untuk Tokopedia. Sebagai perusahaan Insurtech, Igloo juga akan menyediakan teknologi terkini dan memastikan adanya kemitraan yang semakin meningkat dengan penyedia produk asuransi untuk memastikan dukungan selama periode jangka panjang, hal ini juga mencakup jalur komunikasi khusus untuk pelanggan asuransi Tokopedia. “Tokopedia terus berupaya mempermudah pengguna mengakses berbagai produk asuransi digital lewat kolaborasi bersama mitra strategis di bidang asuransi, seperti Igloo. Kolaborasi Tokopedia dengan Igloo akan menghadirkan asuransi produk yang mudah diakses, memiliki kemudahan klaim, dan dukungan berkelanjutan bagi pengguna. Kami juga berharap kolaborasi ini dapat memberikan peluang untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” kata Ruth Afrita, Head of Insurance Tokopedia. Meskipun kolaborasi ini merupakan yang pertama dengan Tokopedia, Igloo telah bekerja sama dengan perusahaan digital Indonesia, sehingga menghasilkan produk asuransi mikro inovatif yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen modern. Seluruh pengalaman ini dipercaya akan bermanfaat untuk kolaborasi di tingkat berikutnya dengan Tokopedia, mengingat beragamnya produk dan layanan yang ditawarkan Tokopedia. “Kami memperkirakan perekonomian Indonesia akan terus melanjutkan tren positif seiring kembalinya kepercayaan konsumen pasca pemilu. Hal ini termasuk kebiasaan belanja mereka melalui platform e-commerce yang ditargetkan mencapai US$ 110 miliar GMV pada tahun 2025. Oleh karena itu, kami optimis kolaborasi dengan Tokopedia akan memberikan perlindungan kepada jutaan konsumen dan merchant di tahun-tahun mendatang,” kata Henry Mixson. Tentang Igloo
Igloo adalah perusahaan insurtech lengkap (full-stack) pertama yang berasal dari Singapura. Saat ini Igloo memiliki kantor di Singapura, Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia, dengan pusat teknologi di India dan China. Misi perusahaan adalah membuat asuransi dapat diakses oleh semua orang dengan memanfaatkan big data, peninjauan resiko real-time, dan manajemen klaim end-to-end otomatis untuk menciptakan solusi asuransi B2B2C pada platform perusahaan dan asuransi. Solusi asuransi Igloo memungkinkan perusahaan mengurangi potensi risiko operasional, menciptakan aliran pendapatan baru, mengoptimalkan, serta meningkatkan produk dan layanan yang ada. Igloo telah bekerja sama dengan lebih dari 55 merek ternama dari berbagai industri, termasuk asuransi, telekomunikasi, e-commerce, perhotelan, health-tech, dan layanan keuangan.
Baca Juga: Igloo Sarankan Tips Belanja Aman Selama Bulan Penuh Perayaan Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti