IHSG bakal lanjutkan penguatan, ini saham-saham yang masih bisa dilirik hari ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi kembali lanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini (6/8). Associate Director of Research and Investment Maximilianus Nico Demus mengatakan, IHSG berpotensi bergerak di kisaran 5.036-5.178. 

Namun, Nico menggarisbawahi bahwa ada kemungkinan aksi profit taking terjadi, lantaran penguatan IHSG yang terjadi pada Rabu (5/8) merupakan anomali dari pertumbuhan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kontraksi. 

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 kontraksi 5,32% secara tahunan (yoy). Secara kuartalan pun, ekonomi Indonesia minus 4,19%. 

Baca Juga: IHSG masih volatil, ini rekomendasi saham dari Samuel Sekuritas untuk hari ini (6/8)

Ini membuat, pertumbuhan ekonomi Indonesia di semester I-2020 kontraksi 1,26% yoy. Kontraksi ekonomi dalam negeri, tidak terlepas dari situasi ekonomi global negara lain yang terdampak pandemi virus corona. 

Hal ini memberikan gambaran bagaimana efek domino dari kesehatan menjadi masalah sosial dan ekonomi. Dampaknya menghantam lapisan masyarakat, mulai dari sektor rumah tangga sampai korporasi. 

Namun tampaknya kontraksi ekonomi sudah diantipasi oleh pasar, karena hal ini juga terjadi di semua negara di saat semua negara perekonomiannya terpukul dikarenakan wabah corona. 

"Tentunya langkah pemerintah di nantikan oleh pasar untuk menyelamatkan perekonomian dalam negeri jangan sampai hal ini terjadi di kuartal tiga tahun ini. Langkah perbaikan ekonomi dapat dimulai dari mendorong aktivitas konsumsi rumah tangga agar efektivitas program pemulihan ekonomi nasional terealisasi dengan tepat sasaran," jelas Nico dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Kamis (6/8). 

Editor: Anna Suci Perwitasari