IHSG Berbalik Melemah Setelah Sempat Menyentuh Level 7.800



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) parkir di level 7.760,95 pada akhir perdagangan Rabu (11/9), turun tipis 0,01% dibanding penutupan kemarin yang berada di posisi 7.761,38. IHSG tertekan akibat sentimen debat calon presiden (capres) dan inflasi Amerika Serikat (AS).  

Sebenarnya pada perdagangan intraday Rabu (11/9), IHSG sudah menembus level 7.800 di sesi pertama. Namun penguatan itu tak bertahan sampai akhir dan IHSG berbalik ke zona merah. 

Sejumlah indeks di Asia juga terkoreksi. Indeks asal Jepang, Nikkei 225 turun 1,49%. Indeks Hang Seng dan Shanghai Composite Index masing-masing turun 0,73% dan 0,82%. 


Baca Juga: IHSG Terkoreksi 0,01% ke 7.760 Pada Rabu (11/9), BRPT, SIDO, BRIS Top Gainers LQ45

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus mengatakan indeks di kawasan Asia karena investor memasang sikap hati-hati yang disebabkan oleh sentimen global.

Terutama, debat capres AS antara Kamala Harris dari Partai Demokrat dan Donald Trump dari Partai Republik. Ini bisa menjadi gambaran untuk pasar terkait arah kebijakan ekonomi ke depannya. 

"Pasar menilai debat tersebut tentunya akan memberikan pandangan calon pemimpin AS terkait kebijakan fiskal dan kebijakan ekonomi lainnya," jelas Nico dalam riset, Rabu (11/9). 

Baca Juga: IHSG Turun dari All Time High, BRPT, BRIS, AMRT Top Gainers LQ45 Sesi I, Rabu (11/9)

Pasar juga sedang fokus menanti rilis data inflasi AS. Nico menyebut data tersebut menjadi penting karena menjadi acuan bagi pasar terhadap potensi pemangkasan suku bunga acuan The Fed. 

"Data tersebut menjadi tambahan referensi sehubungan dengan kebijakan moneter dimana pengumuman kebijakan moneter tersebut The Fed  pekan depan," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi