IHSG Hari Ini Diramal Menguat, Simak Rekomendasi Saham dari Sejumlah Analis Berikut



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. IHSG pada Rabu (20/7) diprediksi punya peluang untuk kembali menguat. Namun potensi penguatan IHSG hari ini dinilai cukup terbatas.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menilai IHSG masih berpotensi melanjutkan penguatan dengan level resisten ada di 6.768 serta support terdekat di 6.700. 

Di sisi lain, Ivan menilai IHSG juga akan dipengaruhi oleh sikap pelaku pasar yang masih menantikan hasil rapat dewan gubernur (RDG) BI serta menanti keputusan kebijakan suku bunga pada hari Kamis (21/7) nanti.

Sementara, investor juga menanti kinerja emiten untuk periode semester pertama 2022. Hal ini berkaca pada pergerakan saham perbankan yang cenderung tertahan di tengah sektor lain yang menopang penguatan IHSG. 

Baca Juga: IHSG Ditutup Menguat 1,15% ke 6.736 Pada Akhir Perdagangan Selasa (19/7)

“Maka memang pelaku pasar masih menahan diri pada saham bank untuk menanti rilis laporan keuangan kuartal kedua 2022,” terang Ivan, Selasa (19/7).

Sejalan dengan proyeksi penguatan IHSG pada hari ini, ia menyebut saham yang bisa dicermati adalah ADMR, BUKA, EMTK dan AKRA.

Senada, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memprediksi IHSG bergerak dengan level support 6.600 dan resistance 6.757. 

Herditya menilai, IHSG akan dipengaruhi oleh sikap investor yang masih cenderung wait and see akan keputusan suku bunga Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), yakni Federal Reserve atau The Fed.

“Kalau dari konsensus, BI rate diperkirakan akan cenderung tetap. Namun dari ekonom MNC Sekuritas memperkirakan BI akan meningkatkan suku bunga sebesar 25 basis points (bps),” terang Herditya kepada Kontan.co.id, Selasa (19/7).

Baca Juga: Menanti Kebijakan Suku Bunga BI, Ini Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Rabu (20/7)

Menurut Herditya, saham AALI, MDKA, PTBA, dan BMRI secara teknikal dapat dicermati untuk perdagangan Rabu (20/7).

Sementara itu, Analis Phillip Sekuritas Indonesia Joshua Marcius memprediksi IHSG akan bergerak di rentang support 6.602 dan resistance 6.815 pada Rabu (20/7). Saham-saham yang menarik untuk dicermati menurut Joshua adalah AKRA, ELSA, INDF, GZCO dan TAPG.

“Sentimen yang mungkin akan berpengaruh terhadap pergerakan IHSG adalah pengumuman suku bunga oleh BI pada hari Kamis mendatang,” kata Joshua. 

 
AKRA Chart by TradingView
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi