IHSG masih moncer, kinerja reksadana saham kembali meroket



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren positif Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih terus berlanjut setelah kembali berada di zona hijau dalam sepekan terakhir. IHSG tercatat berhasil menguat hingga 2,80% dalam seminggu kemarin.

Kinerja positif IHSG pada akhirnya turut mengerek kinerja semua produk reksadana. Berdasarkan dari laporan Infovesta Utama yang dikeluarkan Senin (21/12), tercatat reksadana berbasis saham mengekor pertumbuhan IHSG. Dalam laporan tersebut, reksadana saham berhasil tumbuh 3,59% dan reksadana campuran naik 2,54%.

Kemudian, reksadana pendapatan tetap juga membukakan kinerja positif dengan berhasil naik 0,83% setelah obligasi pemerintah dan obligasi korporasi masing-masing naik 0,76% dan 0,14%. Sementara reksadana pasar uang berhasil tumbuh 0,06% dalam sepekan terakhir.

Baca Juga: Sejumlah instrumen ini bisa jadi alternatif investasi dana darurat

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara month over month pada 18 Desember 2020. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Pool Advista Ekuitas Optima Syariah sebesar 58,37%. 

Lalu reksadana campuran yang tertinggi dipegang oleh Aurora Balance dengan tumbuh sebesar 34,87%

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Mega Asset Mantap Plus sebesar 6,43%. Lalu untuk reksadana pasar uang, Semesta Dana Obligasi I merupakan yang tertinggi dengan return sebesar 2,26%. 

Baca Juga: Pasar keuangan membaik tetap alokasikan dana darurat

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah Premiere ETF Indonesia State Owned Companies sebesar 24,92% Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Cipta Obligasi USD sebesar 5,13%

Selanjutnya: Tingkatkan pamor indeks ESG Leaders, BEI berikan sejumlah insentif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi