IHSG masih positif, kinerja reksadana saham paling moncer



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih melanjutkan tren positif setelah berada di zona hijau dan ditutup menguat pada akhir penutupan pekan kemarin. IHSG tercatat tumbuh sebesar 0,96% pada seminggu terakhir. Dengan kinerja positif IHSG, seluruh reksadana pun berhasil ikut catatkan kinerja positif.

Merujuk dari laporan Infovesta Utama yang dikeluarkan hari ini, Senin (20/7), tercatat kinerja reksadana berbasis saham merupakan reksadana dengan kinerja paling moncer. Pada peringkat pertama reksadana saham menjadi reksadana dengan kinerja paling mentereng dengan pertumbuhan sebesar 0,64%.

Lalu disusul oleh reksadana campuran yang juga naik 0,51%. Reksadana pendapatan tetap yang catatkan pertumbuhan 0,25% berada di peringkat ketiga.


Hal ini tidak terlepas dari positifnya kinerja obligasi pemerintah dan obligasi korporasi yang masing-masing tumbuh 0,30% dan 0,15%. Sementara reksadana reksadana pasar uang berada di peringkat terakhir setelah hanya tumbuh sebesar 0,09%.

Baca Juga: Return riil reksadana pasar uang masih menarik meski suku bunga turun

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara month over month pada 17 Juli 2020. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Valbury Equity I sebesar 9,70%. Lalu reksadana campuran yang tertinggi dipegang oleh Star Balanced II dengan tumbuh sebesar 4,85%.

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Mandiri Investasi Obligasi Nasional sebesar 4,22%. Lalu untuk reksadana pasar uang, PNM Dana Likuid merupakan yang tertinggi dengan return sebesar 0,88%

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah KISI IDX Value30 ETF sebesar 5,24%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh MaestroDollar sebesar 1,42%.

Baca Juga: Rugi Rp 8,42 triliun, Asabri mendapat sejumlah rekomendasi perbaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati