IHSG menghijau, seluruh reksadana kompak catatkan kinerja positif



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) keluar dari zona merah dan berhasil ditutup menguat pada akhir penutupan pekan lalu. IHSG tercatat berhasil tumbuh sebesar 1,27% dalam sepekan kemarin. Dengan kinerja positif IHSG pada akhirnya membuat seluruh kinerja reksadana juga berhasil catatkan kinerja positif.

Merujuk dari laporan Infovesta Utama yang dikeluarkan hari ini, Senin (22/6), reksadana berbasis saham mencatatkan kinerja paling mentereng dalam sepekan terakhir. Reksadana saham dan reksadana campuran masing-masing berhasil tumbuh 1,59% dan 1,10%.

Sementara reksadana reksadana pendapatan tetap tercatat berhasil tumbuh 0,23% pada sepekan kemarin. Hal ini tidak terlepas dari kinerja positif obligasi pemerintah dan obligasi korporasi yang berhasil naik masing-masing 0,40% dan 0,09%. Reksadana pasar uang juga berhasil naik dalam sepekan setelah tumbuh tipis 0,09%.

Baca Juga: Diskon pencatatan saham hingga keringanan biaya, ini stimulus pasar modal dari SRO

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara month to date hingga 19 Juni 2020. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Panin Dana Ultima sebesar 13,29%. Lalu reksadana campuran yang tertinggi dipegang oleh SAM Mutiara Nusa Campuran dengan tumbuh sebesar 13,76%.

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Foster Fixed Income sebesar 3,59%. Lalu untuk reksadana pasar uang, Danareksa Seruni Pasar Uang 11 merupakan yang tertinggi dengan return sebesar 0,54%.

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah KISI IDX Value30 ETF sebesar 15,36%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Cipta Obligasi USD sebesar 4,81%

Baca Juga: Cermati saham-saham berikut ini setelah penurunan suku bunga acuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati