IHSG naik di pekan lalu, kinerja reksadana saham terungkit



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada penutupan perdagangan pekan lalu. Selama sepekan lalu, IHSG juga naik tipis 0,09%.

Imbasnya, kinerja seluruh reksadana juga terkerek menjadi positif. Merujuk laporan Infovesta Utama yang dikeluarkan, Senin (3/8), tercatat kinerja reksadana saham menjadi reksadana dengan return paling besar di pekan lalu. Imbal hasil reksadana saham tumbuh 0,32% selama pekan lalu.

Reksadana pendapatan tetap menyusul di peringkat kedua dengan return 0,23%. Hal ini tak terlepas dari pertumbuhan obligasi pemerintah dan obligasi korporasi yang masing-masing tumbuh 0,40% dan 0,17%.

Baca Juga: Pandemi, Ciptadana AM bubarkan DIRE Ciptadana Properti Perhotelan Padjajaran

Berikutnya, return reksadana campuran dan reksadana pasar uang yang tercatat 0,17% dan 0,09% selama pekan lalu.

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara year to date hingga 30 Juli 2020. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Pacific Equity Optimum Fund sebesar 9,91%.

Lalu reksadana campuran dengan return tertinggi dipegang Panin Dana Syariah Berimbang sebesar 7,34%.

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang Mandiri Investasi Obligasi Nasional sebesar 10,58%. Lalu untuk reksadana pasar uang, Mega Dana Kas merupakan yang tertinggi dengan return sebesar 4,03%.

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah ABF IBI FundĀ  sebesar 5,87%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh MNC Dana dollar sebesar 6,60%.

Baca Juga: Harga emas naik, investor bisa diversifikasi ke reksadana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat