IHSG Segar Bugar Setelah Libur Sehari



JAKARTA. Setelah diliburkan satu hari untuk merayakan hari Idul Adha, pagi ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terlihat segar bugar. Satu jam setelah transaksi perdagangan dibuka, indeks langsung melesat. Pada pukul 10.35 wib, indeks mengalami kenaikan sebesar 4,34% atau 52,126 poin menjadi 1.254,468.

Kenaikan indeks hari ini dipicu oleh meroketnya harga saham sejumlah perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan dan komoditas. Sebut saja PT Indo Tambangraya Megah Tbk, PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk, PT Astra Agro Lestari Tbk, PT United Tractor Tbk.

Selain itu, sektor perbankan juga banyak mendominasi kenaikan indeks pada pagi ini. Sebut saja Bank Rakyat Indonesia Tbk, Bank Mandiri Tbk dan Bank Danamon Tbk.


Ada beberapa hal yang menyebabkan naiknya indeks. Salah satunya adalah upaya kebijakan baru yang diserukan oleh beberapa negara untuk menstimulus perekonomian. Kebijakan tersebut diharapkan akan meningkatkan permintaan bahan baku di beberapa negara sehingga menggairahkan perekonomian.

Sementara, kenaikan saham di sektor perbankan masih dipengaruhi oleh pemangkasan suku bunga yang dilakukan oleh Bank Indonesia beberapa waktu lalu.

Catatan saja, pagi ini, hampir seluruh indeks saham acuan di Asia bertengger di zona hijau. Indeks Nikkei naik tipis 0,48%. Sementara indeks Hang Seng dan Strait Times naik masing-masing 0,43% dan 4,58%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Didi Rhoseno Ardi