IHSG sesi I berhasil naik 0,42%



JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada akhir sesi I, Senin (14/9). Data RTI menunjukkan, pada pukul 12.00 WIB, indeks tercatat naik 0,42% menjadi 4.378,6.

Ada 134 saham yang melesat. Sementara, jumlah saham yang turun sebanyak 106 saham dan 75 saham lainnya tak berubah posisi. Volume transaksi siang ini melibatkan 2,058 miliar dengan nilai transaksi mencapai Rp 1,431 triliun.

Bicara mengenai sektoral, ada tujuh sektor yang menyokong pergerakan indeks. Tiga sektor dengan kenaikan terbesar di antaranya sektor pertambangan naik 1,2%, sektor barang konsumen naik 1,16%, dan sektor perdagangan naik 1,05%.


Kondisi berbeda terlihat di kawasan regional. Meski sempat dibuka positif, namun siang ini indeks acuan Asia mengalami penurunan. Mengutip data yang dihimpun Bloomberg, pada pukul 12.33 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,4%.

Bursa Asia tertekan akibat aksi jual yang melanda bursa China. Asal tahu saja, Shanghai Composite Index siang ini melorot 3,2%. Sementara, indeks Nikkei Jepang turun 0,9%,

Menurut Bernard Aw, transaksi perdagangan saham akan bergerak volatil menjelang pertemuan the Fed Open Market Committee. Selain itu, "Data ekonomi China yang dirilis pada Minggu kemarin kembali memunculkan kekhawatiran mengenai perlambatan ekonomi China," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie