Ikappi Benarkan Ada Penurunan Harga Pangan Disebabkan Permintaan yang Turun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) membenarkan bahwa, beberapa harga komoditas pasca naik cukup tinggi awal Ramadan kemarin saat ini sedang mengalami penurunan.

Namun, turunnya harga komoditas pangan tersebut disebabkan oleh permintaan yang cukup drastis turunnya.

"Seperti sebelumnya IKAPPI menyampaikan bahwa fase demi fase di tahapan Ramadan ini terjadi dan sesuai dengan tahapannya, walaupun kami harus mengakui bahwa daya beli masyarakat mengalami penurunan dibanding Lebaran tahun kemarin," kata Reynaldi Sarijowan Sekretaris Jenderal IKAPPI dalam keterangan tertulis, Kamis (6/4).


Ia melanjutkan, dibanding tahun kemarin, tahun ini harga komoditas pangan di masa puasa mengalami penurunan hingga 21%.

Baca Juga: Presiden Jokowi Instruksikan Menteri Pertanian Kembangkan Penggunaan Pupuk Organik

Meski demikian, Reynaldi menyebut IKAPPI berharap dengan adanya gaji ke-13 dapat meningkatkan daya beli masyarakat di fase kedua Ramadan. Adapun fase kedua biasanya terjadi seminggu sampai tiga hari menjelang Lebaran.

"Kami berharap agar pemerintah lebih fokus menyelesaikan persoalan-persoalan harga pangan di saat fase kedua atau Lebaran," imbuhnya..

Selain itu, Reynaldi juga mengingatkan agar fase ketiga pasca Lebaran itu juga harus mendapat sentuhan yang lebih maksimal dari pemerintah, sehingga harga pangan dapat terselesaikan dengan baik.

Sebelumnya, dalam peninjauan harga dan stok pangan di Pasar Johar Baru Jakarta Pusat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, harga bahan pokok jelang Lebaran banyak yang sudah mengalami penurunan. Kemudian urusan pasokan bahan pokok mendekati Lebaran saat ini juga diklaim tidak menemui masalah.

"Ini kan mendekati Lebaran. Saya dan Pak Menteri Perdagangan ingin mengecek yang pertama stoknya. Kemudian yang kedua harganya. Kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah, harga juga justru banyak yang turun," kata Jokowi ditemui di Pasar Johar Baru Jakarta, Rabu (5/4).

Baca Juga: Ada Faktor Lebaran, Inflasi pada April Diramal Akan Naik hingga 0,7%

Adapun harga bahan pokok yang turun menurutnya ialah telur, daging ayam ras, beras, bawang. Hanya saja kenaikan kata Jokowi terjadi pada daging sapi.

"Yang naik daging, naik sedikit. Saya kira ini baik sesuai dengan pantauan BPS kemarin memang terjadi deflasi. Ini bagus dalam posisi mau Lebaran, tapi harga-harga turun," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi