IKEA Berkolaborasi dengan Jotun Indonesia dalam Talkshow di Lancar Paint Expo 2024



KONTAN.CO.ID -  IKEA Indonesia bersama dengan Jotun Indonesia mengadakan acara talkshow “Wonderscapes: Transforming your Dream House with Jotashield”.  Acara ini merupakan bagian dari pameran Lancar Paint yang diadakan di Jogja City Mall, Jogjakarta yang berlangsung dari 11-15 September 2024.

Talkshow yang diadakan bersama Jotun Indonesia ini membahas seputar tips praktis dalam mendesain area bagian luar bangunan serta inspirasi pemilihan warna dan tipe cat yang tepat untuk bagian eksterior bangunan.

“Melalui penyelenggaraan acara talkshow ini, IKEA berkesempatan untuk berbagi solusi dan inspirasi mengenai desain eksterior rumah. Dengan adanya kerjasama dengan Jotun Indonesia, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak masyarakat untuk sadar akan pentingnya desain area luar ruang serta pentingnya memilih warna cat yang tepat untuk mendukung estetika dan fungsionalitas pada eksterior bangunan, ” ujar Muhammad Fahmi Febriansyah Arifin, Interior Design Manager, IKEA Surabaya.


Kolaborasi IKEA Indonesia dan Jotun Paint Indonesia

Kerjasama antara IKEA Indonesia dan Jotun Indonesia sudah dimulai sejak 2018. Kedua perusahaan ini pernah menyelenggarakan workshop “Tren Warna Interior 2019” yang telah diselenggarakan di IKEA Alam Sutera pada November 2018. Kali ini, kedua perusahaan asal negara Skandinavia ini berkesempatan lagi untuk bekerja sama dalam menyelenggarakan talkshow “Wonderscapes: Transforming your Dream House with Jotashield” yang merupakan bagian dari rangkaian acara Lancar Paint Expo 2024.

“Kami senang bisa berkesempatan lagi untuk berkolaborasi dengan Jotun Indonesia. Kami berharap kolaborasi antara IKEA dan JOTUN melalui talkshow ini dapat menjadi sarana yang tepat untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pemilihan perabot untuk area eksterior bangunan,” ujar Fahmi.

IKEA dan JOTUN Bagikan Tips Praktis Desain Area Outdoor

Pada sesi talkshow kali ini, Fahmi selaku Interior Design Manager IKEA Surabaya, membagikan beberapa tips penting untuk mendesain area eksterior untuk semua tipe bangunan, mulai dari rumah hingga ruang komersial seperti restoran, kafe atau kantor.

Berikut tips dari IKEA dan Jotun untuk mendesain area luar ruangan yang lebih sesuai dengan suasana dan lingkungan di sekitar bangunan.

1. Tentukan fungsi dari area outdoor Anda

Tentukan apakah area luar ruang akan digunakan untuk bersantai, makan, hiburan, atau berkebun. Mengetahui fungsi ruang juga bisa mempermudah Anda untuk mengatur zonasi ruang, sehingga alur aktivitas yang ada di ruangan tersebut menjadi lebih nyaman dan fungsional. Menentukan fungsi juga membantu Anda untuk memilih furniture yang tepat sesuai kebutuhan dan aktivitas yang akan terjadi di ruang tersebut.

2. Tentukan mood ruang yang diinginkan melalui warna

Saat mendesain area outdoor, tentukan mood atau suasana yang ingin Anda ciptakan, apakah itu santai, hangat, atau energik. Pilihan ini akan mempengaruhi elemen desain lainnya, seperti warna cat dinding, furnitur, dan dekorasi. Misalnya, jika ingin suasana yang tenang dan rileks, pilih warna cat dinding yang lembut seperti biru pastel atau hijau sage. Untuk suasana yang lebih ceria dan segar, warna-warna cerah seperti kuning atau oranye bisa menjadi pilihan. Setiap elemen desain, termasuk warna, harus saling melengkapi untuk menciptakan suasana yang harmonis sesuai dengan mood yang diinginkan.

3. Pilih perabot yang tahan cuaca dan tambah perlindungan

Gunakan perabot yang dirancang khusus untuk tahan terhadap cuaca luar ruangan, sehingga perabot lebih tahan lama dan lebih mudah untuk dipelihara. Anda juga bisa menggunakan parasol atau kanopi untuk melindungi Anda dan perabot Anda dari sinar matahari dan hujan. Penggunaan pelindung seperti sarung perabot atau rak penyimpanan dengan sarung juga bisa membuat perabot lebih tahan lama ketika tidak digunakan. Jika perabot tahan lama, tentu Anda akan lebih hemat kedepannya.

4. Tambah pencahayaan

Lampu tidak hanya bisa menjadi sumber penerangan, namun juga menciptakan suasana yang nyaman dan homey. Namun, untuk area outdoor, Anda harus memilih lampu yang memang diperuntukkan untuk dipakai di luar ruangan, yang dimana kualitas materialnya lebih tahan terhadap cuaca. Lampu untuk pensuasanaan dapat menggunakan lampu yang memiliki warna bohlam yang lebih hangat. Contoh lampu yang bisa digunakan di area outdoor adalah Lampu LED (bohlam built-in), lampu rantai, lampu gantung, lampu dengan tenaga surya, lentera.

5. Gunakan berbagai jenis tanaman

Tanaman hijau dapat menambah keindahan dan kesegaran area luar ruang. Anda dapat bermain dengan berbagai koleksi tanaman Anda, dapat dipajang secara langsung atau ditata di rak. Anda juga bisa menambahkan dek lantai dengan rumput artifisial atau tanaman artifisial untuk memberikan kesan hijau tambahan di area outdoor Anda, tanpa repot harus menyiram.  Ada beberapa contoh tanaman yang bisa Anda gunakan seperti Tanaman artifisial, tanaman gantung, tanaman rambat, vertical garden.

6. Sediakan solusi penyimpanan

Tambahkan tempat penyimpanan untuk barang-barang seperti perlengkapan bercocok tanam agar tetap rapi. Rak penyimpanan ini juga bisa dikombinasikan sesuai kebutuhan dan selera Anda. Seperti misalnya menggunakan rak berbagai warna, kombinasi terbuka dan tertutup, atau boks penyimpanan kayu. Gunakan penyimpanan yang tahan terhadap berbagai cuaca serta multifungsi. Pastikan area aman dengan memperhatikan kualitas material dan stabilitas perabot.

Fahmi juga menyampaikan mengenai pentingnya pemilihan perabot yang tepat untuk menghiasi area luar bangunan agar terkesan lebih hidup. “Untuk eksterior, sebaiknya pilih perabot yang multifungsi. Dengan cara ini, area eksterior Anda lebih mudah disesuaikan dengan berbagai aktivitas,” tambah Fahmi

Baca Juga: IKEA JGC Hadirkan Pengalaman Berbelanja Berkelanjutan & Inisiatif Ramah Lingkungan

Selanjutnya: IKN Tahap Dua Fokus Membangun Sarana Pendukung Kota

Menarik Dibaca: Pinjam KTA di OK Bank, Tawarkan Bunga Mulai dari 0,79% Hingga 3,40%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: