IKEA Luncurkan Koleksi SOTRONN Berkolaborasi dengan Desainer Hiroko Takahashi



KONTAN.CO.ID - IKEA luncurkan koleksi tekstil dan dekorasi rumah SOTRONN, hasil kolaborasi dengan Hiroko Takahashi desainer dan seniman dari Jepang. Koleksi terbaru ini terinspirasi oleh budaya seni kontemporer Jepang yang dipadukan dengan budaya modern.

Koleksi SOTRONN yang terdiri dari 17 produk menampilkan desain pola ekspresif Hiroko, yang menggambarkan potensi tak terbatas. Karya-karyanya yang berani, namun memukau saat dipadukan, berhasil membawa nuansa kota Tokyo yang eklektik ke dalam rumah, seperti kimono, lampu gantung, hingga sarung bantal.

Perpaduan seni tradisional Jepang dan budaya modern ala Skandinavia


Secara umum, desain pada koleksi SOTRONN memadukan gaya kontemporer dengan pola tradisional Jepang. Pada koleksi terbatas kali ini, Hiroko memadukan motif lingkaran ciri khasnya dengan warna-warna cerah dengan ekspresi grafis. Masing-masing pola berasal dari satu motif, yang kemudian disesuaikan dengan bahan dan bentuk koleksinya yang berbeda-beda.

“Titik awal kolaborasi Hiroko dengan IKEA adalah keingintahuan kami untuk mengeksplorasi perpaduan kreatif antara estetika desain Skandinavia dan Jepang. Melalui koleksi ini, IKEA dan Hiroko ingin menggabungkan kesenian tradisional Jepang dengan gaya modern. Pola yang dirancang untuk koleksi SOTRONN ini sederhana namun dihadirkan dan dikemas dengan warna-warna berani serta ekspresi grafis yang kuat,” jelas Ririn Basuki, PR & Communication Manager IKEA Indonesia.

Melalui kolaborasi ini, Hiroko berbagi inspirasi kepada masyarakat tentang 'Budaya Jepang dan Tokyo' dalam rangkaian desain yang indah dan memukau. “Dengan mengekspresikan gaya Hiroko sebagai seniman yang lahir dan besar di Jepang, pastinya Hiroko akan menciptakan sesuatu yang khas Jepang. Seperti misalnya teknik kerajinan tradisional Jepang dalam pembuatan motif lingkaran,” tambah Ririn.

Koleksi SOTRON dapat dilihat di semua toko IKEA. Seluruh informasi lengkap mengenai koleksi SOTRONN dapat diakses langsung di website IKEA Indonesia: https://www.ikea.co.id/ dan akun sosial media resmi IKEA Indonesia.

Tentang IKEA

Visi IKEA adalah untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, dengan  menawarkan rangkaian produk perabot rumah tangga yang fungsional, didesain dengan baik, dengan harga  terjangkau sehingga lebih banyak orang dapat membelinya.  

IKEA didirikan oleh Ingvar Kamprad di Småland, Swedia bagian selatan pada tahun 1943, saat ia berusia 17 tahun. Nama perusahaan ini merupakan singkatan dari inisial namanya, IK, E kependekan dari Elmtaryd, nama peternakan dimana ia tumbuh, dan A kependekan dari Agunnaryd tempat dimana peternakan itu  berada.  

Konsep IKEA berbasis pada pengetahuan yang menyeluruh tentang kebutuhan dan fungsi kehidupan di rumah, dengan memadukan pengalaman penggunaan material dan teknik produksi. IKEA memiliki pengalaman 80 tahun dalam mengembangkan dan menampilkan rangkaian produk IKEA.  

Toko IKEA menghadirkan rangkaian perabot rumah tangga yang didesain dengan baik, fungsional dan diproduksi melalui riset dan pengembangan, quality control yang ketat, dan dengan memperhatikan  keberlanjutan jangka panjang.  

Produk-produk IKEA memiliki desain sederhana, multifungsi dan memiliki banyak manfaat yang tak terlihat.  Produk IKEA dikemas datar, sehingga memungkinkan konsep “do-it-yourself” dan harga yang lebih terjangkau  untuk produk yang dibuat oleh para desainer.  

Bisnis IKEA di Indonesia dikelola di bawah hak waralaba eksklusif yang diberikan kepada PT Rumah Mebel Nusantara. Toko IKEA pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, disusul toko kedua, ketiga dan keempat yang dibuka di Sentul City, Kota Baru Parahyangan, dan Jakarta Garden City pada 28 November 2019, 28 Maret 2021, 16 September 2021 masing-masing. Kemudian IKEA Bali dibuka pada 18 November 2021, IKEA Mall Taman Anggrek pada 7 April 2022 sebagai city store pertama, dan IKEA Surabaya pada 15 Desember 2022.

Baca Juga: IKEA Hadirkan Koleksi Terbaru UTSADD Ciptakan Rumah Lebih Nyaman bagi Pecinta Hewan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: