JAKARTA. Teknologi informasi berkembang begitu cepat. Berkah dari itu semua bisa tergambar dari mekarnya bisnis e-commerce. Di Indonesia, 50% pengguna internet mengakses lewat perangkat bergerak. Hal ini menjadikan industri iklan bergerak (mobile advertising) mendapat tempat tersendiri. Seiring kemajuan teknologi informasi, bisnis e-commerce semakin diperhitungkan. Persatuan Periklanan Indonesia memprediksi total belanja iklan tahun ini mencapai Rp 124 triliun. Jumlah itu tumbuh 16% dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar Rp 107 triliun. Nilai transaksi periklanan meningkat seirama dengan bertambahnya saluran dan media periklanan. Salah satu saluran iklan yang berprospek cerah adalah iklan digital. Belanja iklan digital memang masih minim, berkisar 3%-5% dari total belanja iklan. "Tapi iklan digital lebih potensial karena ditopang pertumbahan mobile advertising pada pengguna ponsel pintar dan perangkat bergerak lainnya," ungkap Ketua Umum Persatuan Periklanan Indonesia, Harris Thajeb, Selasa (30/4). Pertumbuhan iklan digital diproyeksikan mencapai 100% setiap tahun.
Iklan bergerak bakal dongkrak bisnis e-commerce
JAKARTA. Teknologi informasi berkembang begitu cepat. Berkah dari itu semua bisa tergambar dari mekarnya bisnis e-commerce. Di Indonesia, 50% pengguna internet mengakses lewat perangkat bergerak. Hal ini menjadikan industri iklan bergerak (mobile advertising) mendapat tempat tersendiri. Seiring kemajuan teknologi informasi, bisnis e-commerce semakin diperhitungkan. Persatuan Periklanan Indonesia memprediksi total belanja iklan tahun ini mencapai Rp 124 triliun. Jumlah itu tumbuh 16% dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar Rp 107 triliun. Nilai transaksi periklanan meningkat seirama dengan bertambahnya saluran dan media periklanan. Salah satu saluran iklan yang berprospek cerah adalah iklan digital. Belanja iklan digital memang masih minim, berkisar 3%-5% dari total belanja iklan. "Tapi iklan digital lebih potensial karena ditopang pertumbahan mobile advertising pada pengguna ponsel pintar dan perangkat bergerak lainnya," ungkap Ketua Umum Persatuan Periklanan Indonesia, Harris Thajeb, Selasa (30/4). Pertumbuhan iklan digital diproyeksikan mencapai 100% setiap tahun.