Iklan di mobile lancar, laba Facebook loncat 193%



SAN FRANCISCO. Kinerja Facebook kembali terbang di atas angin. Berkat kenaikan pendapatan iklan, perusahaan jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini mencatat kenaikan total pendapatan dan laba bersih.Laba bersih Facebook mencapai US$ 642 juta atau US$ 25 per saham di akhir kuartal I lalu. Pencapaian ini lebih tinggi 193% dibanding laba yang dikantongi perusahaan ini setahun sebelumnya yang sebesar US$ 219 juta atau US$ 9 per saham.Tanpa pengeluaran tertentu, laba Facebook malah bisa mencapai US$ 885 juta atau US$ 34 per saham, berbanding US$ 12 per saham. Pendapatan iklan di perangkat mobile, yang mencerminkan 59% total pendapatan, tumbuh 30%. Total, pendapatan Facebook tumbuh sampai 72% year on year menjadi US$ 2,5 miliar. Facebook menginjeksi pesan dari pengiklan langsung pada newsfeed pengguna. Facebook memiliki 1,28 miliar pengguna di akhir Maret lalu. Cara ini manjur diterapkan pada perangkat mobile berlayar kecil-menengah seperti smartphone dan tablet, sehingga berhasil mengangkat pendapatan Facebook yang sempat melempem. "Perangkat mobile merupakan pendorong yang kuat bagi kami," kata Sheryl Sandberg, Chief Operating Officer. Facebook juga akan mencopot direktur keuangan (CFO) David Ebersman per September nanti. Posisi Ebersman akan ditempati David Wehner, yang saat ini menduduki posisi wakil presiden untuk perencanaan keuangan dan bisnis korporat.


Editor: Sanny Cicilia