Iklan mobile bikin kinerja Facebook makin ciamik



JAKARTA. Kinerja Facebook Inc. melejit berkat pendapatan dari iklan mobile. Pada kuartal kedua 2014, pendapatan Facebook terbang 61% menjadi US$ 2,9 miliar dibandingkan dengan kuartal kedua 2013.Pendapatan Facebook melejit berkat pendapatan iklan. Pendapatan iklan pada kuartal kedua 2014 melonjak 67% menjadi US$ 2,68 miliar.Pendapatan iklan terbesar berasal dari iklan mobile. Kontribusinya mencapai 62% dari total pendapatan iklan Facebook. Pendapatan iklan mobile ini tercatat melonjak 151%.Jumlah pengguna aktif bulanan untuk mobile mencapai 1,07 miliar per 30 Juni 2014. Rata-rata pengguna harian mobile mencapai 654 juta atau meningkat 39% dari tahun sebelumnya.Akibat kinerja Facebook yang kinclong ini, harga sahamnya naik 2,9% menjadi US$ 71,29 pada penutupan perdagangan kemarin. Dalam 12 bulan terakhir, harga saham Facebook sendiri sudah meroket 173%.Analis Edward Jones & Co. Josh Olson mengatakan, model iklan Facebook dikerjakan dengan baik. "Kami melihat mereka menggunakan pendekatan yang sangat hati-hati untuk iklan, perlakuan mereka tidak mengasingkan penggunanya," katanya seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (24/7).


Editor: Edy Can