Iklan politik turun, EMTK: Kontribusi iklan di tahun politik sangat kecil bagi SCMA



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penurunan kontibusi iklan politik tak pengaruhi PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). Sutanto Hartono, Direktur Utama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), induk usaha SCMA menyebutkan bahwa sejak awal kontribusi iklan politik saat tahun politik tidak signifikan.

"Bahkan tidak sampai 2% saat tahun politik 5-10 tahun lalu," ujarnya saat dihubungi kontan.co.id, Rabu (13/3).

Sedangkan di tahun ini sendiri ia menyebutkan ada penurunan kembali. Hal tersebut disebabkan dua faktor yakni regulasi dan variasi kampanye yang dilakukan partai.


Sutanto menjelaskan lebih jauh, untuk regulasi sendiri dinilai saat pilkada yang mana ada aturan perundangan yang mengatur alokasi dana iklan disalurkan ke KPUD. Hal tersebut bertujuan menciptakan keseimbangan antar kandidat.

"Jadi dari sana mereka lari beriklan yang sulit dimonitor seperti media sosial dan umbul-umbul," paparnya.

Untuk tahun ini sendiri ia melihat dinamika lebih netral. Hanya saja lantaran telah terbentuk variasi kampanye yang telah diterapkan partai, mereka cenderung tidak fokus beriklan pada televisi.

Walaupun begitu, pihaknya tidak ambil pusing lantaran kontribusi starting point iklan politik sangat kecil sehingga tidak mempengaruhi kinerja perusahaan. "Karena starting point-nya kecil pengaruhnya ke kami tidak ada," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi