JAKARTA. Pebisnis belanja online atau e-commerce dan pemilik situs internet yang lain tengah gundah gulana. Soalnya, halaman situs mereka, secara tiba-tiba kerap menjelma menjadi halaman iklan dari operator seluler. Kondisi ini berlangsung sejak September 2013. Asosiasi e-Commerce Indonesia (Idea) dan Asosiasi Digital Indonesia (IDA) menyatakan penolakannya terhadap praktik yang disebut intrusive advertising dari operator seluler, khususnya Telkomsel dan XL Axiata. "Kami secara privat sudah berkomunikasi dengan kedua operator, namun tidak ada transparansi, jadi dibuka ke publik agar lebih jelas dan akan seperti apa," kata Edi Taslim, Ketua Harian Asosiasi Digital Indonesia kepada KONTAN, Rabu (10/9). Ada dua jenis iklan yang dirasa menganggu yakni interstitial advertising, yakni iklan ditayangkan dalam satu layar penuh sebelum pengguna masuk ke halaman situs yang dituju. Serta off-deck advertising, si iklan disisipkan di bagian atas halaman situs tersebut. Padahal konten apapun termasuk iklan yang tayang di sebuah situs menjadi tanggung jawab pemilik situs. "Dulu sempat reda sekarang gencar lagi," kata David Alexander, Wakil Ketua Bidang Humas Asosiasi e-Commerce Indonesia.
Iklan tak diundang ganggu situs belanja
JAKARTA. Pebisnis belanja online atau e-commerce dan pemilik situs internet yang lain tengah gundah gulana. Soalnya, halaman situs mereka, secara tiba-tiba kerap menjelma menjadi halaman iklan dari operator seluler. Kondisi ini berlangsung sejak September 2013. Asosiasi e-Commerce Indonesia (Idea) dan Asosiasi Digital Indonesia (IDA) menyatakan penolakannya terhadap praktik yang disebut intrusive advertising dari operator seluler, khususnya Telkomsel dan XL Axiata. "Kami secara privat sudah berkomunikasi dengan kedua operator, namun tidak ada transparansi, jadi dibuka ke publik agar lebih jelas dan akan seperti apa," kata Edi Taslim, Ketua Harian Asosiasi Digital Indonesia kepada KONTAN, Rabu (10/9). Ada dua jenis iklan yang dirasa menganggu yakni interstitial advertising, yakni iklan ditayangkan dalam satu layar penuh sebelum pengguna masuk ke halaman situs yang dituju. Serta off-deck advertising, si iklan disisipkan di bagian atas halaman situs tersebut. Padahal konten apapun termasuk iklan yang tayang di sebuah situs menjadi tanggung jawab pemilik situs. "Dulu sempat reda sekarang gencar lagi," kata David Alexander, Wakil Ketua Bidang Humas Asosiasi e-Commerce Indonesia.