JAKARTA. Sektor telekomunikasi merupakan sektor yang sangat loyal beriklan tahun lalu. Menurut data The Nielsen Company Indonesia, perusahaan telekomunikasi membelanjakan dana sebesar Rp 5,5 triliun untuk beriklan di 2010. Dus, belanja sektor tersebut mengungguli sektor lain, termasuk iklan politik, rokok dan otomotif. Berdasar data The Nielsen, belanja iklan sektor telekomunikasi yang sebesar Rp 5,5 triliun tersebut tumbuh 43% dibanding 2009. Alokasi belanja iklan perusahaan telekomunikasi terbesar tahun lalu adalah di televisi, yakni Rp 3,6 triliun, tumbuh 54% dibanding 2009. Adapun belanja iklan telekomunikasi di koran hanya Rp 1,7 triliun, turun 29% di banding 2009. Sedangkan belanja iklan telekomunikasi di majalah hanya Rp 149 miliar, turun 2% dibanding 2009. Irawati Pratignyo, Direktur Pengelola Pengukuran Audiens Nielsen, mengatakan, tingginya belanja iklan sektor telekomunikasi didorong kegiatan promosi dan produk telekomunikasi. "Bila melihat 10 merek produk dengan belanja iklan terbesar, memang tujuh merek di antaranya ialah operator telekomunikasi," jelas Irawati, Selasa (1/2).
Iklan telekomunikasi terbesar di 2010
JAKARTA. Sektor telekomunikasi merupakan sektor yang sangat loyal beriklan tahun lalu. Menurut data The Nielsen Company Indonesia, perusahaan telekomunikasi membelanjakan dana sebesar Rp 5,5 triliun untuk beriklan di 2010. Dus, belanja sektor tersebut mengungguli sektor lain, termasuk iklan politik, rokok dan otomotif. Berdasar data The Nielsen, belanja iklan sektor telekomunikasi yang sebesar Rp 5,5 triliun tersebut tumbuh 43% dibanding 2009. Alokasi belanja iklan perusahaan telekomunikasi terbesar tahun lalu adalah di televisi, yakni Rp 3,6 triliun, tumbuh 54% dibanding 2009. Adapun belanja iklan telekomunikasi di koran hanya Rp 1,7 triliun, turun 29% di banding 2009. Sedangkan belanja iklan telekomunikasi di majalah hanya Rp 149 miliar, turun 2% dibanding 2009. Irawati Pratignyo, Direktur Pengelola Pengukuran Audiens Nielsen, mengatakan, tingginya belanja iklan sektor telekomunikasi didorong kegiatan promosi dan produk telekomunikasi. "Bila melihat 10 merek produk dengan belanja iklan terbesar, memang tujuh merek di antaranya ialah operator telekomunikasi," jelas Irawati, Selasa (1/2).