Imigrasi kini ada di pesawat Garuda rute Shanghai



JAKARTA. Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) meluncurkan layanan Immigration on Board khusus untuk rute Jakarta – Shanghai mulai 4 Mei 2013 kemarin.

Immigration on Board merupakan layanan pengurusan dokumen keimigrasian berupa pemberian visa on arrival di atas pesawat Garuda, oleh petugas imigrasi yang dipersiapkan secara khusus dalam penerbangan Garuda Indonesia menuju Jakarta.

Dalam pelaksanaan layanan ini, Garuda Indonesia bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI.


Pujobroto, Vice President Communication Garuda Indonesia menjelaskan, untuk mendapatkan layanan tersebut, para penumpang dari Shanghai terlebih dahulu membeli voucher pembayaran “visa on arrival” di “counter check-in” Garuda Indonesia di Pudong International Airport, Shanghai. 

Pemeriksaan paspor dan pemberian visa on arrival akan diproses di atas pesawat  oleh petugas imigrasi khusus yang turut terbang bersama penumpang.

"Melalui layanan Immigration on Board para penumpang tidak perlu antre di konter imigrasi bandara sehingga dapat menghemat waktu dan tentu meningkatkan kenyamanan penumpang," ujar Pujobroto dalam siaran persnya yang diterima KONTAN, Minggu (5/5).

Pujobroto juga bilang, layanan Immigration on Board yang baru di rute Shanghai – Jakarta ini melengkapi layanan yang sama yang telah diterapkan sebelumnya di enam rute lain antara Tokyo (Narita) – Jakarta, Seoul – Jakarta, Sydney – Jakarta, Tokyo (Narita) – Denpasar, Osaka – Denpasar dan Sydney – Denpasar.

Sebagai informasi, selain Shanghai, saat ini Garuda Indonesia juga melayani beberapa rute penerbangan ke China yaitu Jakarta – Guangzhou, Jakarta – Beijing. Garuda Indonesia juga terbang dari Jakarta ke Taipei (Taiwan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri