Bermewah-mewah! Begitulah kritikan sebagian orang atas pertemuan IMF-Bank Dunia yang digelar di Bali 8 Oktober-14 Oktober 2018. Di balik kritik atas perhelatan yang menghabiskan biaya sekitar Rp 855 miliar itu, ada pula faktor positif yang bisa kita dapat. Pariwisata, menjadi salah satu sektor yang memetik manfaat dari pertemuan tersebut. Dihadiri sekitar 32.000 orang, bisa dibayangkan betapa besar dampak ekonomi acara ini. Hotel-hotel, restoran, warung makan, objek wisata, hingga toko oleh-oleh bakal dipenuhi tamu. Kehadiran puluhan ribu tamu itu juga diharap membawa faedah jangka panjang. Tak hanya diharap datang lagi di lain waktu, mereka juga diharap mempromosikan keelokan alam Indonesia, keunikan budaya nusantara, kelezatan kuliner kita, dan keramahan bangsa Indonesia. Apa lagi, di era digital ini, hampir semua orang, tak peduli pimpinan negara atau CEO perusahaan multinasional, senang berbagi informasi, foto, bahkan video aktivitas mereka- ternasuk saat mereka berada di Bali- di jejaring sosial.
Inbound versus outbound
Bermewah-mewah! Begitulah kritikan sebagian orang atas pertemuan IMF-Bank Dunia yang digelar di Bali 8 Oktober-14 Oktober 2018. Di balik kritik atas perhelatan yang menghabiskan biaya sekitar Rp 855 miliar itu, ada pula faktor positif yang bisa kita dapat. Pariwisata, menjadi salah satu sektor yang memetik manfaat dari pertemuan tersebut. Dihadiri sekitar 32.000 orang, bisa dibayangkan betapa besar dampak ekonomi acara ini. Hotel-hotel, restoran, warung makan, objek wisata, hingga toko oleh-oleh bakal dipenuhi tamu. Kehadiran puluhan ribu tamu itu juga diharap membawa faedah jangka panjang. Tak hanya diharap datang lagi di lain waktu, mereka juga diharap mempromosikan keelokan alam Indonesia, keunikan budaya nusantara, kelezatan kuliner kita, dan keramahan bangsa Indonesia. Apa lagi, di era digital ini, hampir semua orang, tak peduli pimpinan negara atau CEO perusahaan multinasional, senang berbagi informasi, foto, bahkan video aktivitas mereka- ternasuk saat mereka berada di Bali- di jejaring sosial.