Indeks global rebound karena spekulasi Spanyol



LONDON. Saham-saham Eropa naik untuk kedua kalinya dalam tiga hari setelah ada laporan bahwa pembuat kebijakan akan melancarkan program bailout keuangan untuk Spanyol awal pekan depan. Indeks saham berjangka di AS dan Asia juga naik signifikan.

Mediobanca SpA, bank investasi terbesar Italia, naik 1,3% setelah UBS AG dan Equita SIM SpA menaikkan target harga saham mereka. Randgold Resources Ltd menguat setelah broker dari Bank of America Corp menyampaikan pada Deutsche bank AG bahwa harga logam mulia akan naik tahun depan.

Stoxx Europe 600 Index naik 0,5% menjadi 275,84 pada pukul 8:10 waktu London. Indeks acuan telah reli 18% dari titik rendah 4 Juni setelah The Federal Reserve resmi meluncurkan program quantitative easing jilid III (QE3).


Nilai kontrak Indeks 500 Standard & Poor naik 0,3% sedangkan MSCI Asia Pacific Index naik 0,8%.

"Spanyol sekali lagi menjadi pusat gempa karena pasar terus berspekulasi tentang waktu penyelamatan negeri itu," jelas Michael Hewson, analis senior CMC Markets UK Plc di London. Terlebih ada sedikit kabar baik dari Spanyol karena negeri itu sukses menjual surat utang.

Editor: