Indeks kepercayaan bisnis Australia turun



SIDNEY. Februari 2015, parameter tingkat kepercayaan bisnis Australia jatuh ke level terendah dalam dua tahun terakhir atau sejak akhir tahun 2013. Penurunan suku bunga ke rekor terendah yakni 2,25% oleh Bank Sentral Australia gagal menghilangkan ketidakpastian ekonomi dan kebijakan pemerintah.

Survei bulanan National Australia Bank menunjukkan, indeks kepercayaan bisnis dari sekitar 400 perusahaan turun tiga poin menjadi nol di bulan kedua tahun ini meski ukuran yang digunakan tetap stabil. "Keyakinan juga turun di semua industri kecuali manufaktur dan grosir menunjukkan faktor-faktor umum seperti ketidakpastian ekonomi dan politik," ungkap Alan Oster, Kepala Ekonom National Australia Bank seperti dikutip Reuters.

Berdasarkan hasil survei, bisnis pertambangan dan ritel mencatatkan penurunan paling tajam. Pasar berjangka menyiratkan kebijakan pelonggaran lebih lanjut akan diambil pada bulan April. "Kami masih melihat penurunan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang, kemungkinan besar Mei," tambah Oster.


Editor: Sanny Cicilia