Indeks Kepercayaan Konsumen Jepang Kembali Meningkat



TOKYO Kondisi perekonomian Jepang mulai menunjukkan tanda-tanda membaik. Selama dua bulan berturut-turut, indeks kepercayaan konsumen Jepang terus meningkat. Kantor Kabinet Jepang, hari ini merilis indeks kepercayaan konsumen Februari pada tingkat 39,8. Januari lalu, angka yang menunjukkan sentimen rumah tangga Jepang terhadap barang konsumsi berada di level 39.Adapun, enam ekonom yang disurvey Bloomberg memprediksi kenaikan indeks kepercayaan konsumen ini mencapai 40.Pulihnya ekspor Jepang menjadi awal stabilnya pasar tenaga kerja. Kondisi ini membantu Jepang membangun dasar untuk pemulihan yang cukup luas, termasuk sektor rumah tangga. Belanja konsumen menyumbang lebih dari setengah pendapatan negara ekonomi kedua terbesar di dunia ini. "Jika sembilan hingga 12 bulan lalu, hal-hal yang buruk telah mempengaruhi kenyakinan. Sepertinya, sekarang telah berbalik. Anda telah melihat respon yang cukup standar dalam pengeluaran konsumen," kata Richard Jerram, Kepala Ekonom Asia Macquarie Securities Ltd.


Editor: Johana K.