KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keyakinan konsumen secara rata-rata pada kuartal III-2022, nampak menurun bila dibandingkan dengan kondisi kuartal II-2022. Bank Indonesia (BI) mencatat, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) secara rata-rata pada periode Juli hingga September 2022 sebesar 121,7, atau lebih rendah dari 123,4 pada kuartal II-2022. Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan, sedikit melemahnya keyakinan konsumen pada kuartal III-2022 disebabkan oleh menurunnya sebagian besar komponen pembentuk Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). “Dengan penurunan terdalam pada IEK, terutama komponen indeks ekspektasi kegiatan usaha,” tulis Erwin dalam laporan Survei Konsumen BI, Senin (10/10).
Indeks Keyakinan Konsumen Melambat pada Kuartal III, Ini Penyebabnya
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keyakinan konsumen secara rata-rata pada kuartal III-2022, nampak menurun bila dibandingkan dengan kondisi kuartal II-2022. Bank Indonesia (BI) mencatat, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) secara rata-rata pada periode Juli hingga September 2022 sebesar 121,7, atau lebih rendah dari 123,4 pada kuartal II-2022. Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan, sedikit melemahnya keyakinan konsumen pada kuartal III-2022 disebabkan oleh menurunnya sebagian besar komponen pembentuk Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). “Dengan penurunan terdalam pada IEK, terutama komponen indeks ekspektasi kegiatan usaha,” tulis Erwin dalam laporan Survei Konsumen BI, Senin (10/10).